Microchip Pengganti Sonar untuk Survei

Salah satu pemetaan yang digunakan dalam kelautan adalah pemetaan batimetri, dalam rangka penyediaan informasi spesial untuk kegiatan, perencanaan, dan pengambilan keputusan yang berkaitan dengan informasi di bidang kelautan dan oceanografi. Pemetaan ini dapat dilakukan dengan berbagai teknologi dan metode, salah satunya teknologi akustik.

Penerapan teknologi akustik menggunakan alat side scan sonar dan echosounder untuk melakukan pengumpulan data posisi dan situasi dalam survei hidrografi.

Multibeam echosounder dan side scan sonar yang digunakan dalam survei dan pemetaan termasuk dalam jenis pemetaan tematik.

Untuk pengolahan miltibeam echosounder dan side scan sonar digunakan software yang disebut Triton Isis dan Caris Hips dan Sips.

Side scan sonar dan multibeam echosounder memberikan informasi tentang keadaan dasar laut, sehingga data tersebut dapat digunakan untuk keperluan yang berkaitan dengan perencanaan dan pembangunan infrastruktur dasar laut. Namun demikian, masih dirasakan betapa mahalnya alat yang digunakan untuk kegiatan survei dan pemetaan.

Untuk itu, penulis memberikan ide untuk menciptakan alat yang kegunaannya sama dengan sejenis sonar dan echosounder, yang harganya jauh lebih rendah dan berukuran kecil. Ide tersebut, sejenis microchip yang dapat terhubung dengan internet atau satelit.

Daftar Pustaka
https://amp.suara.com/yoursay/2019/09/01/170542/tak-terlalu-mahal-inilah-microchip-pengganti-sonar-untuk-survei