Apa itu Figma ?

Pengertian Figma

Figma adalah adalah aplikasi berbasis web untuk mendesain UI dan UX yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi, web, serta berbagai komponen user interface yang dapat digabungkan ke dalam project lainnya. Selain itu, figma adalah aplikasi untuk para desainer berkolaborasi dengan desainer lainnya dan membuat desain secara bersama-sama. Dalam membuat sebuah desain UI/UX di dalam suatu aplikasi atau website, Figma memiliki beberapa tools yang dapat memudahkan desainer untuk mendesain.

Salah satu kelebihan Figma yaitu, dapat menghemat waktu karena desainer bisa berkolaborasi seperti mengubah rancangan desain dalam waktu yang bersamaan, memberi komentar.

Source: https://www.figma.com/

Figma di desain menjadi lebih efisien dan konsisten, dengan desain yang menggunakan sistem cloud (online). Figma dapat digunakan di berbagai platform seperti Mac dan Windows, Linux, bagi pengguna sistem operasi lain juga dapat menggunakan Figma dengan menggunakan web browser.

Kelebihan Figma
  • Figma Gratis

Sebenarnya Figma tidak sepenuhnya gratis, tapi untuk penggunaan personal itu sudah cukup untuk menggunakan paket Starter secara gratis untuk mengerjakan personal project. Pada Starter Plan, kita dapat membuat 3 file team project dengan unlimited editors, kita dapat melakukan kolaborasi dengan Tim Desain. Selain itu, Figma mempunyai fitur Unlimited Files in Drafts, fitur ini sangat berguna karena para desainer tidak akan mengalami kesulitan dalam mencari file desiane karena dapat di simpan di cloud Figma.

Source: https://www.figma.com/pricing/

  • Cloud (Online)

Fitur ini sangat memudahkan para desainer karena dengan adanya sistem berbasis cloud, para desainer akan lebih flexible untuk membuka desain dimana dan kapan saja, tetapi untuk membuka desain tetap membutuhkan koneksi internet.

  • Beragamnya Fitur Plugin

Plugin adalah software dengan fungsi tertentu yang bisa membuat aplikasi atau program menjalankan fitur tambahan di aplikasi tersebut. Plugin sangat membantu para desainer untuk membuat animasi berupa gambar, atau lainnya, Sehingga tampilan prototype tidak hanya tampilan sederhana, tetapi mengarah ke tampilan Aplikasi yang ingin dibuat.

Beberapa contoh Plugin yang terdapat di Figma:

Source: https://www.figma.com/community?tab=plugins

Kekurangan Figma
  • Bersifat Online & Menggunakan Browser

Karena menggunakan browser, maka desainer harus menggunakan koneksi internet (online) ketika akan mengerjakan desain di Figma

  • Harga

Figma menawarkan 3 pilihan harga. Starter, Professional, Organization. Untuk Starter tidak dikenakan biaya. Untuk Professional, dikenakan biaya sebesar $12 per editor/month. Untuk Organization dikenakan biaya sebesar $45 per editor/month.

Dengan adanya penjelasan tentang Figma diatas, diharapkan kalian dapat menggunakan FIgma dengan baik. Karena Figma bukan hanya untuk mendesain sebuah UI/UX dari aplikasi atau website saja, tetapi Figma juga bisa digunakan untuk membuat konten sosial media seperti Instagram Story, dan lain lain.

References:

AISYAH ZARYA RAMADHIANPUTRI - KOMISI 2 - B2024