Pengertian dan Perbedaan UI & UX Designer

UI dan UX seringkali disalahartikan sebagai hal yang sama oleh banyak orang atau pengertiannya terbalik satu sama lain. Walaupun begitu, kedua hal ini adalah dua hal yang saling berhubungan erat dan tidak bisa berdiri sendiri-sendiri.

UI (User Interface) adalah bagaimana suatu website atau aplikasi yang kamu buat terlihat dan berbentuk seperti apa. Hal tersebut mencakup layout (tata letak), visual design (desain visual), dan branding. Juga berisi kombinasi berbagai macam konten (dokumen, teks, gambar, video, dan lainnya), form (tombol, label, text field, check box, drop-down list, desain grafis, dll), dan perilaku (apa yang terjadi jika user mengklik/menyeret/mengetik).

UX (User Experience) berkonsentrasi pada bagaimana sebuah produk terasa, apakah itu memecahkan masalah bagi user, mudah digunakan, dan tidak membingungkan. Produk dengan desain UX yang baik tentunya akan menciptakan pengalaman yang menyenangkan bagi para user.

 

Perbedaan UI dan UX

  1. Tujuan desain

Fokus desain UI adalah keindahan tampilan dan kerapian layout. Sementara itu, fokus desain UX adalah kepuasan yang diberi produk kepada para user. Desain UI akan mempengaruhi kesan terhadap produk sementara UX mempengaruhi pengalaman saat menggunakan produk.

  1. Proses desain

Proses desain UI dilakukan dengan riset desain yang menarik dan sesuai dengan konsep yang ingin dicapai. Para desainer perlu merancang model desain dengan membuat mock up. Kemudian proses desain UX dilakukan dengan riset pengguna sehingga bisa menyesuaikan dan memenuhi kebutuhan para targeted user. Proses ini jauh lebih sulit dan memiliki banyak tahapan. Begitu proses riset selesai, para desainer akan ke tahap berikutnya yaitu membuat wireframe dan prototype.

  1. Komponen

Komponen yang membangun desain UI berfokus pada keindahan tampilan produksi. Komponen UI tersebut di antaranya meliputi warna, gambar dan video animasi, typography, buttons, dan visual interaksi lainnya. Sementara itu, komponen desain UX meliputi hampir seluruh komponen pada suatu produk seperti fitur-fitur, struktur desain, dan navigasi. Termasuk juga tampilan interface, copywriting, hingga branding, sehingga diperlukan kolaborasi tim untuk menghasilkan desain produk yang baik.

 

Tabel Perbedaan

Perbedaan User Interface (UI)  User Experience (UX) 
Tujuan Membuat tampilan produk lebih menarik  Memberikan kenyamanan saat memakai produk 
Fokus Berfokus pada tampilan yang bagus Berfokus pada kenyamanan pengguna
Elemen Animasi, typography, warna, video, buttons, dll Usability, navigasi, struktur desain, fitur-fitur, interaction design, dll 
Based on Desain berdasarkan riset desain dan konsep produk Desain berdasarkan riset pengguna
Tools Spesifikasi utama desain grafis, seperti Flinto, Principle, Frames X, Adobe Illustrator Spesifikasi utama prototyping seperti Sketch, InVision, Figma, Adobe XD, Axure
Pre-building Berupa mock up Berupa wireframe dan prototype
Skills yang dibutuhkan Desain grafis, creative thinking, convergent thinking, desain branding.  Riset, critical thinking, creative thinking, analysis, problem solving, wireframing.

 

Sumber: https://www.niagahoster.co.id/blog/perbedaan-ui-dan-ux/

Chaterine - Komisi 4: Publication and Documentation