Kartini dan Perjuangannya

Raden Adjeng Kartini Djojo Adhiningrat atau yang biasa dikenal dengan R.A. Kartini adalah seorang wanita keturunan bangsawan yang lahir pada 21 April 1879 di Jepara, Jawa Tengah. Ayah Kartini, Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat atau RMAA Sosroningrat adalah seorang bangsawan yang berpikiran maju sehingga ayahnya menyekolahkan Kartini di ELS (Europese Lagere School). Di sekolah tersebut Kartini mempelajari Bahasa Belanda.

Sejak kecil, Kartini sudah membaca surat kabar dan majalah-majalah berbahasa Belanda. Kartini juga banyak membaca buku-buku berbahasa Belanda yang membuat pikirannya semakin terbuka. Sejak saat itu juga Kartini mulai menuliskan surat-surat kepada sahabatnya di Belanda. Dalam suratnya, Kartini menceritakan bagaimana dirinya dan perempuan-perempuan lainnya diperlakukan tidak adil, dipaksa menikah dengan laki-laki yang tidak dikenalnya.

Gambar: https://lpmpriau.kemdikbud.go.id/r-a-kartini-tokoh-emansipasi-wanita/

Kartini menikah dengan K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat. Suaminya sangat mengerti ambisi Kartini sehingga ia mengizinkan Kartini untuk membangun sekolah wanita. Sebelum menikah, Kartini berencana untuk melanjutkan pendidikannya ke Belanda. Rencana tersebut didukung oleh sahabat-sahabat Kartini di Belanda bahkan pemerintah Belanda bersedia memberikan bantuan kepada Kartini. Akan tetapi Kartini mengurungkan niatnya untuk melanjutkan pendidikannya ke Belanda karena Kartini akan segera menikah. Pada akhirnya, Kartini melanjutkan pendidikannya di Betawi.

Gambar: https://www.bukukita.com/Hukum-dan-Undang-undang/Sosial-Politik/153994-Habis-Gelap-Terbitlah-Terang.html

Kartini wafat pada 17 September 1904, pada usia 25 tahun. Berkat perjuangan Kartini, sekolah wanita menjadi tersebar di pulau Jawa. Kini, surat-surat yang pernah dikirimkan Kartini telah dibukukan yang diberi judul “Habis Gelap Terbitlah Terang”. Untuk memperingati perjuangan Kartini, pemerintah menetapkan hari lahir Kartini yaitu 21 April sebagai “Hari Kartini”.

Sumber:

Komisi 1 - Nadira Altera - B2024