Inovasi Industri 4.0 dan Society 5.0

Perkembangan WEB

Web sedemikian berkembangnya sehingga para ahli telah memberikan penomoran untuk mengklasifikasikan generasi teknologi Web yang digunakan, yaitu :

  1. 0 adalah generasi pertama dari website di internet. Dalam web 1.0 para pengunjung dapat mencari dan browsing data yang ada di dalam web, namun pengunjung tidak memiliki akses untuk memasukkan data atau informasi ke dalam situs. Pada masa web 1.0, layanan internet masih berkisar diantara static website yang saling dihubungkan dengan hyperlink.
  2. Web 2.0 adalah revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh
    penggunaan internet sebagai platform, dan merupakan suatu percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk mencapai keberhasilan pada platform baru tersebut. Salah satu aturan terutama adalah: Membangun aplikasi yang mengeksploitasi efek jaringan untuk mendapatkan lebih banyak lagi pengguna aplikasi tersebut.
  3. Menurut John Markoff, Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online.
  4. Sistem untuk industri 4.0 Revolusi industri keempat adalah bagaimana teknologi seperti kecerdasaan buatan, kendaraan, otonom, dan internet saling mempengaruhi kehidupan manusia. .ide yang saya pikirkan dan mulai udah ada itu teknologi konstruksi yaitu lampu lalu lintas otomatis yang dapat berkerja dengan melihat dan mendekeksi adanya banyak sedikitnya kendaraan untuk mengatur lampu lalu lintas otomatis yang memudahkan manusia saat dijalan dan lebih efektif dalam segala hal.
  5. Society 5.0 Society 5.0 adalah suatu konsep masyarakat yang berpusat pada manusia (human-centered) dan berbasis teknologi (technology based) yang dikembangkan oleh Jepang. Konsep ini lahir sebagai pengembangan dari revolusi industri 4.0 yang dinilai berpotensi mendegradasi peran manusia.Inovasi dalam Masyarakat 5.0 akan mencapai masyarakat berwawasan ke depan yang memecah rasa stagnasi yang ada. Masyarakat yang anggotanya saling menghormati satu sama lain, dan masyarakat di mana setiap orang dapat memimpin kehidupan yang aktif dan menyenangkan.Ide-ide inovasi yang ada saat ini jepang mendapatkan ide dalam bentuk yaitu berupa drone,peralatan rumah tangga AI,perawatan medis,kecerdasan buatan,manajemen yang cerdas, dan kendaraan otonom.ide yang saya pikirkan dan mulai udah ada itu teknologi yang berupa kendaraan transportasi otomatis yang dikenal bernama Gyroscopic Transport konsep yang udah dikembangkan di Turki dengan menggunakan sensor hero untuk menentukan orientasi gerak dengan bertumpu pada roda dan cakram yang berotasi cepat pada sumbu.

Sekarang perkembangan web sangat beragam baik disisi tampilanya maupun di sisi bahasa pemrograman yang digunakan. Sehingga setiap orang akan lebih mudah tentunya dalam membuat web dan mempergunakanya. Karena tentu saja kembali ke fungsi teknologi sendiri, yaitu untuk memudahkan manusia dalam melakukna sesuatu hal

Sumber :

https://cdn-images-1.medium.com/max/800/1*BX4awelUUXNehFapwLmzIg.jpeg

https://medium.com/@muhammad.1384/perkembangan-web-dan-inovasi-tentang-industri-4-0-dan-society-5-0-3948b2f834b3