Ib, Game Horror RPG Jepang

Ib adalah sebuah game horror berbasis RPG yang dirilis pada tanggal 27 Februari 2012. Game ini dibuar oleh Kouri untuk game Microsoft Windows. Game ini mempunyai grafik 2d yang cukup ‘old school’. Meskipun begitu, game ini mempunyai plot menarik dan memberikan sensasi horror yang cukup bikin merinding. Cara memainkan game ini sangat mudah, kita sebagai pemain hanya perlu menggerakkan karakter dan memilih pilihan dialog karakternya. Cukup mudah, bukan?

moarpowah

Mari kita bahas lebih lanjut tentang cerita dari game ini. Game ini dimulai dengan perkenalan seorang anak perempuan bernama Ib yang sedang bersiap-siap untuk pergi ke museum seni bersama dengan keluarganya. Sesampainya di museum seni, Ib mendahului kedua orang tuanya untuk menyusuri museum seni tersebut. Ib mulai melihat-lihat berbagai macam lukisan, sampai akhirnya terhenti di depan salah satu lukisan yang berskala besar. Mulai dari situ, keadaan museum berubah hening dan mencekam.

Kita sebagai Ib, mulai menyusuri museum tersebut, tetapi anehnya tidak ada orang sama sekali. Ib mulai mengalami hal-hal aneh. Mulai dari, mendengar suara batuk dari lukisan ‘Laki-laki yang batuk’, suara kucing dari sebuah lukisan kucing, melihat bayangan lewat dan darah mengalir dari jendela museum, sampai melihat tulisan berwarna merah yang bertuliskan “Ib, datanglah” yang disertai dengan jejak kaki berwarna biru. Ib yang melihat tulisan dan mengikuti jejak kaki tersebut akhirnya terhenti pada salah satu lukisan laut yang bertempatan di lantai. Sampai pada akhirnya, Ib terjun masuk ke dalam lukisan tersebut dan terbangun di museum yang sangat berbeda. 

Selama kita bermain sebagai Ib, kita akan menghadapi berbagai macam rintangan. Rintangan-rintangan permainan ini masih erat hubungannya dengan museum seni. Bisa dibilang juga cukup horor dan mengagetkan, tetapi menantang. Seiring berjalannya waktu kita juga akan dikenalkan dengan beberapa karakter yang ‘mungkin’ akan membantu kita. Ending dari game Ib ini dipercayai mempunyai 10 versi yang terdiri dari 9 bad ending dan 1 good ending. Cukup seru, bukan?

Steam, Ib

Ib sendiri telah mendapatkan remake-nya yang baru saja dirilis pada tanggal 11 April 2022 silam, di platform steam. Namun, game ini belum dirilis dalam bahasa lain selain bahasa Jepang. Meskipun begitu dikabarkan versi bahasa inggris, Mandarin, dan Korea akan dirilis di waktu yang akan datang. Gimana menurut kalian? Apakah kalian tertarik dengan game horror ini?

 

Penulis: Carlene Felicia (2502021815)

Source: 

https://ibgame.fandom.com/wiki/Ib_(game) 

https://en.wikipedia.org/wiki/Ib_(video_game)