Orang Indonesia Makan Pakai Tangan?

Sebagian besar pasti pernah bahkan sering makan dengan tangan. Bukan dengan sendok, garpu, sumpit, atau lainnya, namun tangan kosong. Katanya sih kalau makan pakai tangan lebih nikmat dibandingkan menggunakan alat makan. Biasanya saat kita makan nasi bungkus, nasi padang, nasi rames, dan lain-lain. Ternyata cara makan ini termasuk salah satu budaya Indonesia loh. 

Budaya ini sudah ada sejak zaman dahulu. Sebelum adanya alat makan, orang Indonesia makan menggunakan tangan dan untuk makanan yang berkuah menggunakan suru (sendok dari daun pisang). Lalu sendok dan garpu mulai masuk ke Indonesia sekitar abad ke-16, diperkenalkan oleh pedagang serta kolonial Eropa. Namun seiring berjalannya waktu, cara makan yang khas orang Indonesia ini tetap bertahan. Sebagian besar orang masih gemar makan menggunakan tangan.

Sumber: blue.kumparan.com

Di beberapa daerah, budaya makan dengan tangan ini dikenal dengan berbagai istilah seperti muluk, ngaliwet, maupun kenduri. Beberapa acara adat seperti ‘selamatan’ juga biasanya menggunakan cara tersebut. Makanan akan dialasi dengan daun pisang, piring, ataupun besek bambu. Tidak hanya itu saja, tetapi ada ciri khas lainnya seperti posisi duduk. Lesehan, bersila, ataupun bersimpuh dengan alasnya yaitu tikar. Ciri paling penting adalah menyantap makanan bersama dengan orang-orang. Hal itu menggambarkan kebersamaan serta keakraban antar sesama. Walaupun ada beberapa orang yang merasa risih harus mencuci tangan karena kotor, tetapi makan dengan tangan ini digemari banyak orang. 

Jadi dalam sehari-hari maupun acara adat, makan dengan tangan masih menjadi salah satu cara khas makan di Indonesia yang masih digunakan. Ini bukan hanya sekedar “Katanya sih lebih nikmat”, tetapi merupakan budaya Indonesia yang telah ada sejak zaman dahulu. 

 

Penulis: 2702229283 – Calista Vania Kurniawan

Sumber: