Perbedaan Dua Jajanan Manis, Serabi Solo dan Surabi Bandung

Indonesia menyediakan beragam jajanan manis dari berbagai daerah, salah satunya adalah serabi. Jajanan manis yang satu ini merupakan hasil modifikasi dari pancake, yang dimana cita rasanya disesuaikan agar cocok dengan selera penduduk setempat. Hasil dari modifikasi tersebut menciptakan berbagai macam serabi di Indonesia.

Serabi yang paling populer di kalangan masyarakat Indonesia ada 2 macam, yaitu Serabi Solo dan Surabi Bandung. Kedua jajanan ini sering kali membuat bingung masyarakat, ada yang mengira Serabi Solo merupakan Serabi Bandung dan juga sebaliknya, serta ada juga yang mengira kalau keduanya adalah satu jenis yang sama. Nah, agar kita semua dapat membedakan, disimak yuk perbedaan dari kedua serabi berikut!

Serabi yang pertama merupakan Serabi Solo. Serabi Solo dibuat menggunakan tepung beras yang lalu ditambahkan santan, gula, garam, dan daun pandan ke dalam adonan tersebut. Cara membuatnya dengan memasukkan adonan ke wajan kecil lalu ditutup dengan penutup dari tanah liat, agar serabi tersebut dapat mengembang dan matang dengan sempurna.

Serabi Solo cenderung lebih tipis, dan hanya memakai beberapa jenis topping, seperti coklat, keju, dan buah-buahan. Serabi Solo yang sampai saat ini masih sering dicari oleh pecinta serabi, adalah Serabi Solo Notosuman. Berdiri sejak 1923, Serabi Solo Notosuman hanya menyediakan 2 jenis serabi, yaitu serabi yang polos (tanpa topping) dan serabi dengan topping coklat.

Serabi yang kedua merupakan Surabi Bandung. Surabi Bandung dibuat menggunakan bahan dasar tepung beras yang dicampur dengan tepung terigu, santan, serta parutan kelapa. Surabi dibuat memakai tungku tanah liat yang diletakkan di atas arang.

Berbeda dengan serabi Solo, surabi memiliki banyak cara penyajiannya. Surabi yang paling sering ditemukan adalah surabi yang disajikan dengan kuah dari gula jawa atau kinca, atau yang disajikan dengan memberi oncom di atas surabi tersebut. Selain itu, surabi memiliki topping yang jauh lebih beragam, seperti berbagai macam selai, coklat, keju, susu kental manis, sampai daging ayam, sosis, dan kornet.

 

Penulis : Muthia Farha Aidil | 2440110034

Sumber:

http://explorebandungbarat.com/surabi-kuliner-bandung-yang-selalu-populer/

https://tentangsolo.web.id/serabi-notosuman.html

https://www.fimela.com/fashion/read/2864451/kue-favorit-90-an-pilih-serabi-bandung-atau-serabi-solo