Kulineran di Pasar Lama Tangerang!

Sumber: https://asset.kompas.com/crops/pAkOsEj9dsT-lBjUL4aZph-G0tM=/0x0:3510×2340/750×500/data/photo/2023/01/14/63c2203063d31.jpg

Untuk warga Tangerang, mungkin sudah tidak asing lagi ya dengan pasar yang satu ini. Pasar ini menyediakan berbagai macam dagangan, mulai dari peralatan elektronik, bunga, sampai kini menjadi sentra kuliner. Tapi, apa ya sejarah dari pasar ini?

Pasar Lama Tangerang berada di Jalan Kisamaun, dengan jarak kurang lebih 600 meter dari stasiun Tangerang. Dari stasiun Tangerang, bisa ditempuh dengan jalan kaki selama kurang lebih 10 menit. Dikutip dari tangerangdaily.id, pasar ini awalnya dibangun pada tahun 1810 oleh pemerintah Hindia-Belanda, dan awalnya hanya pasar kecil yang menjual ikan dan sayuran. Tetapi, seiring berjalannya waktu, pasar ini semakin berkembang dan menjadi pasar yang ramai dengan berbagai jenis dagangan seperti sayuran, buah-buahan, ikan, daging, rempah-rempah, bahan pakaian dan lainnya.

Pasar Lama Tangerang memiliki sejarah panjang sebagai pusat perdagangan di kawasan Tangerang. Pasar ini pernah mengalami renovasi dan perbaikan pada tahun 1970-an dan 1990-an untuk meningkatkan fasilitas dan kebersihan pasar. Pada tahun pandemi pun, pasar ini sempat menjadi sepi dan pendapatan pedagang sangat berkurang. Lalu, tenant hanya boleh berjualan sampai pukul 8 malam. Tetapi, sekarang tenant boleh berjualan sampai tengah malam dan sudah menjadi ramai kembali. 

Nah, kira-kira makanan apa aja nih makanan dan jajanan yang harus dicoba ketika kesini? Yuk, langsung simak aja!

1. Crepes Jumbo

Yang pertama ada Crepes Jumbo. Crepes yang satu ini lebih besar daripada muka kalian, lho! Rasa-rasa yang bisa beberapanya adalah coklat, coklat keju, dan meises rainbow. Harganya mulai dari Rp15,000,- sampai Rp20,000,- saja. 

2. Potato Swirl

Yang kedua ada Potato Swirl. Kentang yang terlihat seperti tornado ini harganya Rp15,000,- dan bisa memilih topping seperti bubuk keju dan barbeque. Untuk ukurannya tentu sangat besar dan rasanya sangat renyah.  

3. Cumi Bakar Squid Boss

Yang ketika adalah cumi dan gurita bakar. Jika kamu suka makanan yang asam gurih, maka ini cocok. Harganya mulai dari Rp25,000,-

4. Berbagai kuliner Jepang

Disini, banyak juga kuliner Jepang, mulai dari jajanan seperti taiyaki dan takoyaki, sampai makanan berat seperti ramen. Bahkan, ada takoyaki jumbo yang berharga Rp 25,000,- lho! Untuk ramen, salah satunya adalah Street Ramen. 

5. Bubur Ayam Ko Iyo

Bubur ayam yang satu ini sudah ada sejak tahun 1966 dan masih eksis sampai sekarang. Bubur yang satu ini keunikannya adalah telur mentah dicampurkan kedalam bubur yang masih panas, dan telurnya akan matang dalam bubur tersebut. Rasanya lumayan gurih dan harganya mulai dari Rp16,000,- untuk porsi yang mengenyangkan. 

Kira-kira begitu sejarah dan rekomendasi kuliner di Pasar Lama Tangerang. Apakah minasan tertarik untuk mencoba? 

Sumber & Referensi:

https://id.theasianparent.com/kuliner-enak-di-pasar-lama 

https://tangerangdaily.id/umum/riwayat-dan-keunikan-pasar-lama-tangerang/#:~:text=Pasar%20Lama%20Tangerang%20awalnya%20dibangun,yang%20menjual%20sayuran%20dan%20ikan

Penulis: Lintang Puruhita Haryadi

NIM: 2501982260