“Nagoya” di Indonesia?

Source: Nagoya Hill Shopping Mall, salah satu landmark di kecamatan “Nagoya” yg dibangun di tahun 2007

Kalian pasti kenal atau pernah dengar nama “Nagoya” &  kalian pasti langsung kepikiran dengan kota yang ada di Prefektur Aichi (愛知県、あいち・けん), Jepang. Tetapi “Nagoya” yang kita akan bicarakan sekarang ada di Indonesia, lebih tepatnya salah satu kecamatan di kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. 

Kecamatan ini sebenarnya bernama “Lubuk Baja”, dengan 5 kelurahan. Ada beberapa alasan & teori kenapa kecamatan ini mulai disebut “Nagoya”, tetapi alasan yg paling terkenal adalah sebagian daerah Lubuk Baja pada tahun 1970-an menjadi tempat singgah perantau & pekerja dari Jepang, terutama pekerja dari perusahaan Taisei Construction (大成建設株式会社) yang membangun pelabuhan Batu Ampar & bendungan Nongsa. Dengan keberadaan mereka di lokasi itu, lama-kelamaan penduduk asli mencirikan kawasan tersebut sebagai lokasi berkumpulnya orang dari Jepang & memanggil kawasan tersebut “Nagoya”, menurut saksi bernama Machmur Ismail, yang dulu bekerja di Taisei Construction pada saat pembangunan, nama “Nagoya” mulai sering dilontarkan tahun 1978.

di Kacamatan Lubuk Baja ini ada mal terkenal sebagai landmark kawasan tersebut bernama Nagoya Hill Shopping Mall. Nagoya Hill sebagai Central Business District (CBD) di Batam dibangun di atas lahan seluas lebih dari 6 hektar. Bangunannya terdiri dari mal bertingkat sebagai pusatnya, deretan ruko di sekeliling mal & juga hotel. Selain itu ada juga bangunan gedung perkantoran, perbankan, institusi pendidikan, dan rumah sakit berdampingan di sisi luar kompleks Nagoya Hill. Berdasarkan sejarah pembangunannya, Nagoya Hill dikembangkan sejak 2007. 

Ditambah lagi posisi pulau Batam yang dekat dengan Singapura & Malaysia, serta terletak di jalur perdagangan Internasional, yang membuat kecamatan “Nagoya” ini berkerumun dengan turis asing & hotel-hotel di sekitar kawasan ini, tentu saja, mahal. Kalian bahkan bisa ke Singapura hanya dengan naik kapal feri. Kebanyakan atraksi & kegiatan yang bisa dilakukan di kawasan ini adalah kegiatan outdoor & water sports.