MAKHLUK MITOLOGI JEPANG

みんなさん、こんにちは! Mina-san sudah pernah dengar kata yōkai, belum? Yōkai merupakan makhluk mitologi Jepang yang berkenampakan aneh dan mempunyai kekuatan supernatural. Beberapa dari mereka dianggap membawa keberuntungan, dan beberapa lainnya dapat menyebabkan kerusakan. Yōkai biasanya digambarkan dalam sastra dan seni sebagai sumber cerita yang menghantui di Jepang. Yuk, kita simak apa saja makhluk-makhluk tersebut!

  1. Kitsune

Kitsune sendiri berarti rubah dalam bahasa Jepang. Namun, dalam mitos Jepang, Kitsune memiliki sihir dan bisa menjelma menjadi manusia. Kemunculan Kitsune tidak mengganggu atau merugikan orang lain. Mereka menjelma menjadi seseorang yang bijak, cerdas, dan suka memberi nasihat yang baik.

Sumber foto: https://yokai.com/kiko/

  1. Tanuki

Utagagwa Tanuki Balls RaincoatsTanuki merupakan jelmaan rakun dan anjing yang suka mencuri dan mengelabui manusia. Mereka dapat menjelma sebagai seorang perempuan cantik pada malam hari, dan siapapun yang melihatnya akan terpesona dan tidak menyadari bahwa barang-barang miliknya sudah dicuri oleh Tanuki.

Sumber foto: https://hyakumonogatari.com/category/tanuki-stories/

  1. Yuki-Onna

White Yuki OnnaYuki-Onna atau perempuan salju, memiliki tubuh yang tinggi, bermuka pucat, dan memakai kimono putih. Dahulu, Yuki-Onna merupakan perempuan yang meninggal di tengah badai salju. Kemunculannya dapat membuat orang beku dengan hembusan nafasnya, karena ia ingin orang lain merasakan penderitaannya juga.

Sumber foto: https://hyakumonogatari.com/2013/12/18/yuki-onna-the-snow-woman/

  1. Tengu

Tengu memiliki wujud layaknya burung gagak yang memiliki muka yang menyeramkan. Gagak biasanya dikaitkan dengan kejahatan atau kematian, tetapi Tengu biasanya menjadi petunjuk jalan bagi orang yang tersesat di gunung. 

Sumber foto: https://yokai.com/kotengu/ 

Sebenarnya masih banyak sekali jenis-jenis yōkai dalam mitologi Jepang, seperti, Futakuchi-Onna (hantu perempuan dengan dua mulut), Nurikabe (roh cat dinding), Funeyurei (hantu kapal), dan lain-lainnya. Kita juga dapat menikmati karya seni yōkai di Jepang, loh! Tempat-tempat tersebut merupakan Museum Seni Yokai di Kagawa, Pameran Seni Ukiyoe di Tokyo, serta pawai yōkai yang biasanya dilaksanakan di Kyoto. Jangan lupa kunjungi tempat-tempat tersebut saat ke Jepang, ya, mina-san!

Penulis: Odreia Mangkona

Referensi:

  1.  WeXpats. (2021). Berbagai Mitos di Jepang, Yang Melegenda dan Terus Diyakini. https://we-xpats.com/id/guide/as/jp/detail/8362/
  2. Baxter, Lily. (2021). Apa itu Yokai? Istilah Hantu di Jepang. Fun! Japan.https://www.fun-japan.jp/id/articles/11883#google_vignette