15 Jenis Mochi

Mochi adalah kue beras ketan tradisional Jepang dan dibuat dengan menumbuk sejenis beras Jepang yang lengket diketahui dengan mochigome sampai membentuk adonan. Mochi merupakan unsur umum untuk masakan Jepang, pencuci mulut dan manisan. Berikut ini merupakan jenis mochi paling terkenal:

  1. Daifuku

Mochi bundar yang lembut diisi dengan pasta kacang merah (anko) yang manis atau pasta kacang putih (shiroan).

  1. Ichigo Daifuku

Daifuku dengan anko dan sebuah strawberry utuh di dalamnya.

  1. Kusa Mochi

Kusa Mochi (secara harfiah: mochi rumput) adalah mochi berwarna hijau dengan rasa mugwort (yomogi).

  1. Mochi Ice Cream

Bola kecil berwarna-warni dari mochi yang diisi dengan es krim. Mochi yang diproduksi secara tradisional menjadi keras sekeras batu ketika dibekukan. Alhasil, mochi es krim adalah sejenis mochi terbuat dari tepung bernama mochiko yang menghasilkan tekstur seperti mochi.

  1. Oshiruko

Sup pencuci mulut yang manis dibuat dengan kacang azuki (sejenis kacang merah) dan beberapa potong mochi.

  1. Chikara Udon

Udon panas (mie tepung terigu Jepang yang tebal) dengan topping mochi panggang.

  1. Zoni

Sup Samurai dibuat dengan sayur-sayuran dan mochi. Dikonsumsi pada hari tahun baru.

  1. Kinako Mochi

Makanan lainnya yang berhubungan dengan hari tahun baru di Jepang. Mochi panggang dengan topping gula dan tepung kedelai panggang (kinako).

  1. Kirimochi atau Kakumochi

Balok-balok mochi yang digunakan sebagai bahan dasar masakan Jepang. Orang-orang memanggannya dan mengkonsumsinya dengan topping yang manis atau ditambahkan ke dalam mie, sup atau masakan-masakan lainnya.

  1. Dango

Kue bola Jepang dibuat dengan mochiko. Dango memiliki tekstur dan rasa yang mirip dengan mochi tetapi secara harfiah bukannlah mochi.

  1. Warabi Mochi

Jeli yang dibuat dengan pati payau dan ditutupi dengan kinako. Warabi mochi tidak memiliki unsur beras. Walaupun begitu, secara umum warabi mochi dianggap sebagai sejenis mochi.

  1. Uiro Mochi

Kue kukus Jepang yang dibuat dengan tepung beras dan gula. Pencuci mulut lainnya yang bukanlah mochi sesungguhnya, tetapi dinamakan demikian kareana teksturnya yang kenyal.

  1. Hishimochi

Pencuci mulut berbentuk jajar genjang atau permata disajikan pada hari perempuan dengan tiga lapis warna mochi: merah, putih dan hijau. Bagian merah diwarnai dengan binga melati, putih dengan umbi-umbian air, dan hijau dengan mugwort.

  1. Sakuramochi

Sakuramochi adalah mochi yang diberi rasa dan warna dengan bunga sakura (cherry blossoms). Sakuramochi biasanya diisi dengan pasta kacang merah dan ditutupi dengan daun ceri acar. Di Osaka, sakuramochi dibuat dengan tepung beras kasar dan memiliki konsistensi yang mirip dengan pudding beras yang tebal. Sedangkan sakuramochi khas Tokyo, memiliki tekstur yang halus.

  1. Hanabira Mochi

Hanabira mochi, yang secara harfiah berarti “mochi kelopak bunga”, dikonsumsi pada hari tahun baru dan upacara minum teh pertama pada hari tahun baru dimulai dari tradisi keluarga kekaisaran. Hanabira mochi memiliki bentuk khusus, dengan mochi putih di bagian luar dan mochi merah di bagian dalam. Mochi putih tembus pandang untuk memperlihatkan warna pink dibawahnya, mengasilkan warna halus yang dianggap menyerupai kelopak bunga plum Jepang. Di dalamnya diisi dengan anko.

Source: www.japan-talk.com

Nama: Dema

NIM:2301915752