Mengenal Hantu Indonesia Lewat Game Pamali : Indonesian Folklore Horror

Sumber: idntimes.com

Pamali : Indonesian Folklore Horror merupakan sebuah game horror lokal garapan StoryTale Studios asal Bandung yang rilis pada tanggal 28 Desember 2018 lalu. Sejak demo version-nya dirilis, game ini telah mendapatkan respon positif dan sudah dinanti – nantikan oleh para gamer Indonesia maupun mancanegara. Kata Pamali sendiri memiliki arti pantangan, yang apabila dilanggar maka dapat membawa sial atau dampak buruk terhadap seseorang. Melalui game ini, kita dapat mengenali budaya pamali yang dipercayai oleh masyarakat Indonesia melalui mitos – mitos yang ada di game ‘Pamali’ seperti larangan menebang pohon keramat dan gunting yang katanya dapat melindungi kita dari kuntilanak.

Sumber: store.steampowered

Game ‘Pamali’ sendiri terdiri dari empat cerita rakyat yang masing – masing episodenya menampilkan jenis hantu yang berbeda seperti kuntilanak, pocong, tuyul, dan leak. Empat cerita ini berjudul “The White Lady”, “The Tied Corpse”, “The Little Devil”, dan yang terakhir adalah “The Hungry Witch” dimana masing – masing episode ini memiliki jalan cerita yang berbeda – beda. 

Sumber: store.steampowered

Dari segi kualitas sendiri seperti pemodelan grafis, pencahayaan, dan backsound yang membuat suasana makin mencekam patut mendapatkan apresiasi. Selain itu, desain rumah tua ala Indonesia yang disajikan dalam game ini semakin menonjolkan kekhasan yang ‘Indonesia banget’. Para gamer dari mancanegara juga tidak perlu khawatir ketika bermain game yang satu ini karena tersedia subtitle dalam Bahasa Inggris.

Sumber: store.steampowered

Keunikan dari game ini terletak pada bagaimana setiap keputusan yang diambil oleh pemain berujung pada ending yang berbeda – beda sehingga pemain semakin dibuat penasaran ketika bermain game ‘Pamali’. Tak hanya itu, pemain juga bisa melakukan aktivitas di game ini seperti membuka pintu, membaca surat, mengambil barang dan sebagainya. Bagi kalian yang tertarik untuk memainkan game ‘Pamali’, game ini baru tersedia di platform Steam saja. 

 

Nah, setelah membaca artikel mengenai game ‘Pamali’, bagaimana pendapat kalian tentang game yang satu ini? Apakah kalian sudah pernah memainkan game ini? Apakah kalian merekomendasikan game ini untuk para pecinta game horror?

 

Penulis : Vienna Christabelle (2602107884)