Sambal Matah – Pedas Namun Menyegarkan!

Sumber:  https://id.tastemade.com/videos/sambal-matah-bali-vertikal/

Apakah mina-san tahu dengan sambal matah? Sambal yang satu ini kerap kali kita temui di hidangan Indonesia di sekitar kita. Sambal matah sendiri juga kerap kali dijadikan menu-menu eksklusif di restoran-restoran besar. Sambal matah sendiri merupakan sambal asal Bali yang terkenal, bahkan sering dijadikan santapan dimana saja. Di Bali, sambal ini disebut dengan ‘be pasih mesambel matah’ yang berarti ikan laut yang didampingi dengan sambal mentah.

Lantas apa yang membuat sambal ini spesial? Sambal ini berbentuk tidak layak seperti sambal umumnya, dimana sambal ini terlihat seperti acar-acaran cabai dengan berbagai macam bahan lainnya seperti sereh, daun jeruk, dan juga bawang merah. Sambal ini sendiri juga memiliki rasa dan aroma yang khas, bahkan menyegarkan. Sambal matah sendiri juga terkadang ditambahkan kecombrang untuk membuat rasanya semakin enak.

Sambal matah sendiri bisa dikatakan cocok dengan makanan apa saja, apalagi seafood. Seafood yang berbau amis bisa dinetralisir dengan sambal matah yang menyegarkan ini, dan membuat cita rasa seafood menjadi lebih enak dari yang sebelumnya. Apakah mina-san jadi semakin tertarik untuk memakan suatu hidangan dengan sambal matah? 

Penulis : Geraldine Nicole Suryadjaja (2501995250)