Tempat Nongkrong Sastrawan Terdahulu

Bar Lupin (ルパン, Rupan) merupakan bar klasik yang terletak di Ginza, Tokyo. Tempat ini telah dibuka sejak tahun 1928 di sebuah gang kecil dekat Menara Jam Wako. Bar ini menjadi tempat berkumpul sastrawan terkenal, seperti Satomi Ton, Izumi Kyōka, Kikuchi Kan, Yasunari Kawabata, trio Buraiha (Dazai Osamu, Oda Sakunosuke, Sakaguchi Ango) dan masih banyak lagi. Konon katanya, pelukis, aktor, dan fotografer terkenal Jepang juga suka berkumpul di tempat ini.

Di tahun 1946, di masa pasca perang, bar ini dilarang untuk menjual minuman beralkohol, sehingga Bar Lupin dibuka kembali sebagai kedai kopi. Namun, hal ini tidak serta merta menghentikan bar tersebut untuk menjual minuman beralkohol. Bar ini tetap menjualnya secara diam-diam sampai minuman beralkohol kembali dilegalkan. Yukiko Takasaki, sang pemilik Bar Lupin, meninggal dunia pada tahun 1995. Takasaki berpesan agar Lupin tetap menjadi sebuah bar dan begitulah Bar Lupin bisa bertahan sampai sekarang. 

Struktur bangunan Bar Lupin terbilang unik. Untuk masuk ke ruang utamanya, kita perlu menuruni tangga menuju basement, mirip seperti sebuah tempat persembunyian. Interior Bar Lupin mengusung tema zaman Showa di tahun 1930-an yang sangat khas. Di dalamnya juga terdapat meja berbentuk ‘L’ yang terbuat dari kayu ash Jepang. Di meja inilah ditempati beberapa bartender yang siap memberikan pelayanan kepada pelanggan!

Menu minuman yang wajib dicoba nih saat mengunjungi Bar Lupin, ada Moscow Mule (1.200¥) yang paling terkenal, Charlie Chaplin (1.300¥) dari brendi aprikot dan sloe gin, Golden Fizz (1.300¥) merupakan minuman gin dari kuning telur, dan Thunderclap (2.400¥) dengan kadar alkohol yang tinggi.

Dengan sedikit biaya tambahan, anda dapat membawa pulang souvenir korek api yang hanya bisa didapatkan secara eksklusif di Bar Lupin loh!

Penulis: Sheriany Chandra

 

Sumber :

https://bsd-bibliophile.tumblr.com/post/167896966395/yokohama-and-bsd-locations-japan-trip-2017 

https://mipon.org/bungo-stray-dogs-bar/

https://www.timeout.com/tokyo/bars-and-pubs/lupin 

https://pomme-b.com/2018/10/18/4443/

https://wattention.com/wtt34-ginza-allure-shoppingdistrict/

https://www.tofugu.com/travel/bar-lupin/