BAPE atau Baby Milo yang KAWAII!

Pernahkah kalian ingin mencari tahu suatu brand fashion tapi kalian tidak mengetahui nama brandnya? kalian hanya tahu lambang/logonya saja? Nah funfact kali ini kita akan membahas brand fashion yang sering dicari orang karena logo nya yang identik dan khas. Ternyata brand ini juga merupakan brand dari Jepang loh!

A Bathing Apeア・ベイシング・エイプ)atau BAPE merupakan brand fashion yang berasal dari Jepang yang didirikan pada tahun 1993 oleh Tamoaki Nagao atau Nigo. BAPE memiliki kantor pusat di Tokyo, Jepang. BAPE merupakan brand yang sering dicari orang yang sedikit yang mengetahui kalo ternyata brand ini berasal dari Jepang.

BAPE mengkhususkan produknya pada koleksi anak-anak, streetwear pria, dan wanita. BAPE pertama diluncurkan di Harajuku dan Shibuya. Brand ini juga memiliki banyak store di Jepang dan juga memiliki cabang di luar negeri seperti, New York, Singapura, Beijing, dan masih banyak lagi. Pada store di Kyoto memiliki sebuah gallery yang digunakan sebagai tempat pertunjukan seni.

Menurut Schlossman, BAPE merupakan salah satu brand dari 15 brand yang paling diminati di situs belanja online setara dengan brand-brand besar lainnya, seperti supreme, Yves Saint Laurent, Rick Owens, dan Raf Simons. Dan juga pada tahun pertamanya brand ini mengeluarkan kemeja, hoodie, dan sneaker Bapesta.  

Pendiri brand BAPE sendiri merupakan seorang DJ dan music Producer loh. Nigo tertarik pada fashion bermula saat melihat Run DMC di televisi saat ia kecil. Nigo juga terobsesi pada kultur hip-hop. BAPE juga sering dipakai oleh artis-artis internasional, seperti Drake, Chris Brown, dan masih banyak lainnya. BAPE juga berkolaborasi dengan Adidas melaui Adidas Football by Bape. 

Nama brand fashion ini terinspirasi dari film Planet of the Apes. Lalu, nama A Bathing Ape diambil dari sebuah istilah/peribahasa Jepang yang berarti “Bathing in Lukewarm Water” yang mana hal ini menjelaskan metode berendam dengan air hangat dengan waktu yang lama.Kabarnya istilah ini digunakan untuk menyindir sifat malas orang Jepang. 

Dia awal berdirinya Nigo memiliki cara unik untuk memperkenalkan brandnya yaitu, dengan cara hanya memproduksi 30-50 kaos per minggu, setengahnya untuk dijual dan setengahnya lagi diberikan kepada teman-temannya. Dan ia juga memberikan kepada musisi bernama Cornelius untuk dipakai di atas panggung. 

Pada 1 Febuari 2011, konglomerat fashion yang berasal dari Hong Kong yaitu I.T Group membeli brand BAPE dengan harga 2,8 Juta dolar Amerika. Lalu, setelah 2 tahun dibeli oleh I.T Group Nigo memutuskan meninggalkan brandnya tersebut.

 

Penulis: Salfachira Aurellia Mirza/B24

Referensi :

https://www.sneakers.co.id/bape-kisah-brand-ikonik-a-bathing-ape/

https://kumparan.com/millennial/ini-7-fakta-tentang-bape-yang-perlu-kamu-tahu-21dM5TYUFQ/full

https://hai.grid.id/read/07600393/5-fakta-tentang-a-bathing-ape-yang-perlu-lo-tau