Osamu Tezuka: The Father of Anime

Astro boy adalah salah satu anime pertama yang mengguncang dunia peranimasian. Anime ataupun manga pada saat ini mungkin tidak akan dapat mencapai kebesarannya tanpa seorang lelaki yang di juluki The Father of Anime, Osamu Tezuka. Untuk mendalami sejarah anime, kita akan kembali ke tahun 1952 dimana The Father of Anime Osamu Tezuka telah berhasil merilis Astro Boy.

Astro Boy atau lebih dikenal oleh warga Jepang sebagai Mighty Atom pada masanya adalah sebuah Anime/Manga yang menjadi fondasi anime pada masa ini. Jadi, apabila ada yang bertanya mengapa mata pada rata-rata anime sangat besar, Astro Boy adalah jawabanya.

Osamu Tezuka tidak memperoleh julukan sebagai The Father of Anime dengan mudah tentunya. Pada masa sebelum terciptanya Astro Boy, Osamu Tezuka bekerja di pabrik yang sedang membantu militer Jepang. Setelah PD 2, Astro Boy juga tidak langsung diterima oleh perusahaan penerbit ataupun animasi dengan alasan finansial Jepang yang sedang buruk pada saat itu akibat dari perang.

Setelah banyaknya rintangan yang berhasil dilampaui, akhirnya pada 1952 manga Astro Boy telah hadir diikuti animenya pada 1962 yang tayang di Fuji TV. Pada titik inilah banyak anime-anime lainnya yang kian terus berkembang dan bertambah akibat dari kesuksesan karya Osamu Tezuka. Sayangnya Beliau wafat pada 9 februari 1989, Rumah Sakit Hanzomon, Tokyo, Jepang.

Penulis: Fourmando Butar Butar