Japan’s Beautiful Manhole Covers

Membahas keunikan Jepang memang tidak ada habisnya. Negara ini selalu mempunyai cara yang istimewa untuk mengemas berbagai hal menjadi sesuatu yang menarik. Salah satunya adalah penutup saluran air atau manhole cover. Penutup saluran air merupakan sesuatu yang sering kita temukan sehari-hari. Namun di Jepang, manhole covers mempunyai tampilan yang cantik, unik, lucu, dan menarik. Manhole covers yang lucu dan menarik ini menghiasi beberapa daerah di Jepang dengan berbagai desain. Desain-desain tersebut biasanya merepresentasikan daerah tempat penutup tersebut berada. Misalnya, manhole covers di Nara memiliki desain gambar rusa, karena terdapat banyak rusa di Nara. Manhole covers di Jepang dipandang sebagai sebuah karya seni. Manhole covers ini bisa berbentuk besi polos atau dengan desain berwarna. Menurut Japan Society of Manhole Covers ada sekitar 6000 penutup saluran air artistik di Jepang dan gambar yang mendominasinya adalah pohon, pemandangan, desain bunga, burung, dan budaya lokal masing-masing daerah.

Kenapa fenomena ini bisa berkembang? Sistem pembuangan air atau limbah modern bukan hal umum di Jepang. Sebab biaya pemasangan sistem saluran bawah tanah ini cukup mahal, terutama untuk penduduk di luar kota besar. Pada tahun 1985, pemerintah Jepang mendapat ide untuk memperindah kota dan merancang manhole covers mereka sendiri yang menciptakan kebanggaan tersendiri bagi tiap daerahnya. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran akan mahalnya biaya pengolahan limbah dan kesadaran untuk membayar pajak. Pemerintah Jepang juga mengadakan kontes desain manhole covers dan mempublikasikannya, sehingga seluruh kota di Jepang bersaing untuk menjadi kota yang mempunyai desain manhole covers paling terbaik. Perlahan manhole covers yang awalnya tidak menarik, berubah menjadi media seni untuk mengekspresikan identitas komunitas tertentu. Bahkan saat ini manhole covers ada yang berhiaskan gambar karakter anime atau kartun.

Wisatawan yang datang dari penjuru negara untuk melihat desain manhole covers dalam suatu gerakan dijuluki “Drainspotting”. Dalam keadaan ini, Anda akan melihat penggemar berlomba-lomba mengunjungi sebanyak mungkin manhole covers artistik yang ada. Terdapat juga suvenir, kaos, dan barang-barang lainnya terkait manhole covers. Bahkan pada 1 Febuari – 3 Febuari 2019, terdapat Japan’s Manhole Festival yang dilaksanakan di Tokyo. Jika Anda berkunjung ke Jepang, jangan lupa untuk melihat ke bawah kaki Anda, karena ada karya seni yang unik dan indah untuk Anda nikmati!

 

 

Nama   : Delevin Natasha

NIM    : 2301850531

Sumber :

https://www.thisiscolossal.com/2014/03/the-beauty-of-japans-artistic-manhole-covers/

https://www.thislifeoftravel.com/japan/japan-manhole-covers