YURU-CHARA

Istilah yuru-chara berasal dari singkatan “Karakter maskot yurui”. Yurui bila diartikan berarti “longgar” dan dalam konteks ini yurui yang dimaksud adalah makhluk yang lembut, ramah, dan menyenangkan. Yuru-chara ini telah diperkenalkan sekitar tahun 2007 dan menjadi terkenal ketika “Hikonyan” sebuah karakter yang mempromosikan kastil Hikone di prefektur Shiga muncul untuk merayakan hari jadi kastil tersebut yang ke-400 tahun.

Sebagian besar yuru-chara dibuat oleh perusahaan dan organisasi besar sebagai bagian untuk mempromosikan merek dari masing-masing perusahaan dan organisasi tersebut sehingga masyarakat akan dengan mudah mengasosiasikan produk mereka ketika masyarakat melihat maskot-maskot trsebut. Yuru-chara khusus yang dibuat oleh kelompok-kelompok lokal disebut dengan gotochi-chara atau karakter lokal. Pakaian yang digunakan para maskot ini sering mempromosikan tempat-tempat wisata, makanan khas lokal serta orang-orang bersejarah yang terkenal dari daerahnya. Melalui yuru-chara ini mereka dapat mempromosikan spesialisasi atau keunikan tiap daerah melalui cara yang lebih menyenangkan dan menarik. Yuru-chara yang mendapatkan popularitas yang banyak, seperti ¬kumamon dan juga domo-kun, akan dapat ditampilkan pada acara TV untuk menarik lebih banyak perhatian akan kehadiran maskot yang unik tersebut.

Kepopuleran yuru-chara di Jepang yang meroket ini menghadirkan sebuah perlombaan besar tahunan yang dikenal dengan yuru-chara grand prix. Tempat untuk perlombaan yuru-chara ini berbeda setiap tahunnya dan biasanya berlangsung selama 2 sampai 3 hari pada hari libur. Beberapa tahun sebelumnya, ada sekitar 1,421 partisipan yuru-chara dalam perlombaan ini serta 76,894 penonton yang datang untuk memeriahkan perlombaan ini. Pemenang dari lomba ini ditentukan dengan pemilik suara terbanyak melalui situs web resmi yuru-chara. Dalam perlombaan ini akan ada sebuah parade yang dilaksanakan bersama dengan panggung promosi maskot tiap kontestan. Pada akhir acara akan ada upacara kemenangan bagi pemenang lomba yuru-chara.

Sumber : https://guidable.co/entertainment/what-is-yurukyara-and-whats-so-good-about-it/

Nama : Delyanisa Anwar
NIM : 2201786111