Belanja di Toko Serba 100 Yen, Murah dan Tetap Berkualitas

Kalau seseorang mendengar kata berbelanja di Jepang, salah satu hal yang mungkin terbersit dalam benak adalah barang-barang yang dijual di sana cenderung mahal, mulai dari makanan hingga cinderamata. Padahal, kalau tahu tips dan triknya, kita bisa dengan mudah mendapatkan barang murah di Jepang. Salah satunya adalah dengan pergi berbelanja ke toko 100 yen.

Apa Itu Toko Serba 100 Yen?

Toko serba 100 yen, atau hyaku-en shoppu, merupakan toko yang menjual barang-barang multifungsi dengan harga miring, yaitu seharga100 yen. Meski barang-barang yang dijual di toko ini sangat murah, kualitas barang-barang tersebut juga tidak kalah bagus dengan barang-barang serupa yang dijual di toko lainnya. Karena harga yang murah dan kualitas yang bagus, toko 100 yen telah menjadi alternatif bagi pelanggan dari Jepang maupun turis mancanegara untuk membeli barang yang berguna untuk kehidupan sehari-hari mereka maupun suvenir untuk keluarga di rumah.

Mungkin, orang Indonesia sudah sering mendengar atau berkunjung ke toko Daiso, sebuah toko dari Jepang yang menjual barang-barang murah. Nah, Daiso merupakan salah satu jenis toko serba 100 yen yang paling besar di Jepang dan juga memiliki banyak cabang di seluruh dunia. Selain Daiso, ada juga nama-nama toko serba 100 yen lainnya yang terkenal di Jepang. Toko-toko itu adalah Watts, Can Do, dan Seria.

Sejarah Toko Serba 100 Yen

Sebenarnya, awal mula toko serba 100 yen telah dapat ditilik dari zaman Edo. Pada masa itu, toko-toko yang menjual barang seharga 19 hingga 38 mon sangat populer. Pada era Meiji, toko-toko sejenis ini mulai berkembang. Toko yang menjual barang-barang murah ini pun mulai menjual barang-barang lain, seperti pakaian dan makanan, seharga 1 yen.

Di masa modern ini, toko tersebut telah berkembang menjadi toko 100 yen. Orang pertama yang merancang dan membuat toko 100 yen yang dikenal oleh banyak orang pada sekarang ini adalah Akira Matsubayashi, pendiri perusahaan Life Standard. Beliau mendirikan toko 100 yen pertama di kota Kasugai, perfektur Aichi. Konsep ini kemudian disempurnakan oleh Hirotake Yano, pemilik sekaligus pendiri toko 100 yen terbesar, yaitu Daiso.

Apa Saja yang Dijual di Toko 100 Yen?

Selain karena dijual dengan harga murah, barang-barang yang dijual di toko 100 yen juga dikenal karena desainnya yang lucu, unik, dan praktis. Tak heran banyak pelanggan dari Jepang maupun turis mancanegara yang selalu tertarik untuk pergi ke toko ini. Berikut adalah beberapa jenis barang yang dijual di toko 100 yen pada umumnya.

  • Alat makan dan memasak

Bisa jadi, ini adalah produk toko 100 yen yang paling terkenal dan populer, karena harganya yang murah, desainnya yang praktis, dan kualitasnya tidak kalah bagus dengan toko-toko lain. Salah satu barang yang biasanya menarik perhatian pelanggan di luar negeri adalah kotak berbentuk segitiga yang bisa digunakan untuk membuat onigiri sendiri.

  • Stationery dan ATK lucu

Alat tulis yang dijual di toko 100 yen biasanya memiliki motif yang lucu dan unik, sehingga berbeda dengan alat tulis yang dijual pada umumnya, seperti penghapus dengan motif makanan khas Jepang seperti sushi atau onigiri dan sticky note warna-warni.

Salah satu ATK unik yang dijual di salah satu toko 100 yen di Jepang adalah sebuah stapler yang bisa berputar hingga 270 derajat. Ini memungkinkan penggunanya untuk dapat menyatukan kertas dari berbagai sudut.

  • Suvenir khas Jepang

Bagi para turis mancanegara yang ingin menghemat biaya pengeluaran namun tetap ingin mendapat cinderamata yang berkualitas, toko 100 yen bisa menjadi alternatif tempat berbelanja. Suvenir yang ada di toko 100 yen bisa berupa kipas tradisional Jepang bergambar pertunjukan kabuki hingga dompet kecil atau kinchaku berbentuk ikan koi.

  • Barang menarik lainnya

Ada juga barang menarik lainnya, seperti figur tiruan makanan yang biasanya dipajang di etalase restoran, sapu tangan serbaguna, kuteks, dan lain-lain. Jika melihat dan mengetahui kualitas dari barang-barang itu, akan sulit dipercaya kalau itu semua dijual seharga 100 yen saja.

Jadi, apakah kalian tertarik untuk berbelanja di toko 100 yen?

 

Penulis: Nadia Theresa Johari

NIM: 2301849164

Sumber: https://matcha-jp.com/en/6239, https://www.japan-guide.com/e/e2077.html, https://livejapan.com/en/article-a0000096/, https://en.wikipedia.org/wiki/100-yen_shop