Tahun Baru di Jepang

Minasan Konnichiwa!

Apakabarnya nih? tidak terasa sudah memauki bulan desember ya! berarti saatnya kita mulai mempersiapkan perayaan tahun baru. Namun pernahkah kalian berpikir bagaimana kemeriahan tahun baru di Jepang? Yuk simak artikel ini !

Pada umumnya, tiap negara memiliki cara yang unik untuk melewatkan tahun barunya. Jepang juga memiliki ciri khasnya tersendiri untuk merayakan tahun baru ini. Tahun baru atau biasa di sebut oleh orang Jepang yaitu Oshougatsu, dirayakan dimulai dari tanggal 29 Desember – 3 Januari.

 

31 Desember atau biasa disebut dengan Oomisoka yang berarti hari besar terakhir di tahun tersebut. Ada beberapa hal yang biasa dilakukan oleh orang Jepang pada tanggal ini yaitu :

  • Bounenkai yaitu perayaan untuk melupakan segala masalah dan duka pada tahun tersebut, dan biasanya mereka menghabiskan waktu mereka di Izakaya alias bar bar Jepang. Biasanya diadakan oleh perusahaan perusahaan untuk menghargai kerja keras karyawan mereka selama satu tahun tersebut.
  • Oosouji alias bersih bersih besar biasanya dilakukan untuk melakukan pembersihan rumah besar besaran yang dilakukan setahun sekali.
  • Mengirim Nengajou alias Surat selamat tahun baru kepada kerabat, saudara, dan teman dekat. Surat tersebut akan sampai pada tanggal 1, sehingga sesuai dengan perayaan tahun baru pada hari itu.
  • Pergi kuil di gunung untuk membunyikan lonceng (Joya no Kane) dan berdoa
  • Menonton TV, duduk di kotatsu, menyantap jeruk juga merupakan kebiasaan paling normal untuk penduduk Jepang. Tidak hanya jeruk, mochi juga biasa dimakan oleh orang Jepang ketika menonton tv pada hari itu. Tidak lupa juga dengan toshikoshi soba yang bisa menghangatkan tubuh kita.

Tanggal 1 Januari alias Shougatsu (正月) merupakan kelanjutan dari perayaan tahun baru, dan sangat ditunggu-tunggu oleh orang Jepang, dikarenakan banyaknya perayaan dan kegiatan yang bisa mereka lakukan pada hari ini, yaitu :

  • Hatsuhinode alias matahari terbit pertama, biasanya orang Jepang akan ke kuil sebelum tengah malam dan mereka akan menunggu sampai fajar terbit untuk melihat matahari terbit.
  • Hatsumoude alias mengunjungi kuil pada tahun baru. Mereka juga akan mengambil Omikuji untuk mengetahui peruntungan mereka selama satu tahun. Tentunya tidak semua orang akan beruntung.
  • Tidak lupa juga membeli Fukubukuro alias Lucky Bag. Tidak semua orang membeli yang satu ini, tapi tahun baru di Jepang tidak akan lengkap tanpa
  • Memberikan Otoshidama (uang jajan) kepada anak, cucu ataupun kerabat kita.

 

Masih banyak lagi kegiatan kegiatan tahun baru di Jepang yang bisa kita bahas, tapi akan saya bahas di lain waktu. Mata oaishimashou~.

Nama    : Tegar Widya Nugraha

NIM      : 2301942495

https://japanese.binus.ac.id/2018/12/23/bonenkai-pelepasan-menjelang-tahun-baru/)

https://www.japan-experience.com/to-know/understanding-japan/the-new-year-oshogatsu

:https://www.jejakpiknik.com/tahun-baru-di-jepang/