Orang Jepang dan Rasa Asli

Bagi orang Indonesia menyantap makanan mentah mungkin bukan hal yang lazim, tetapi bagi orang Jepang hal tersebut merupakan sesuatu yang biasa dan bahkan mereka menyukainya. Sashimi adalah contoh salah satu makanan mentah favorit orang Jepang, sashimi sendiri merupakan daging ikan segar yang biasanya disajikan mentah bersama dengan wasabi atau shoyu. Tidak hanya ikan, orang Jepang juga mengonsumsi daging mentah lainnya seperti cumi, kuda, rusa, katak, bulu babi, dan masih banyak lainnya. Wow! Luar biasa berbeda dengan budaya kita bukan? Yuk kita simak bersama alasan orang Jepang lebih suka mengonsumsi makanan mentah!

Jepang merupakan negara kepulauan yang dikelilingi oleh lautan, maka dari itu mereka lebih sering mengonsumsi hewan laut daripada hewan ternak. Mereka lebih memilih mengonsumsi secara mentah dibandingkan dimasak karena mereka menyukai rasa segar dari makanan tersebut dan menyunjung tinggi washoku atau makanan asli Jepang, seperti contohnya dibandingkan sushi yang sudah dimodifikasi menjadi banyak varian, orang Jepang tetap paling suka sushi asli mereka yang tidak diberi varian bermacam-macam. Ketika menyantap hidangan mentah seperti sushi atau sashimi, orang Jepang biasanya memakannya bersama dengan wasabi atau cuka guna melawan bakteri yang mungkin masih terdapat dalam ikan mentah tersebut.

Alasan lain Jepang lebih banyak mengonsumsi makanan mentah terutama ikan adalah karena letak geografis Jepang yang berada di antara pertemuan arus air hangat dan air dingin sehingga banyak plankton yang terbawa arus mengakibatkan banyaknya ikan di laut mereka. Tetapi, meskipun bisa dibilang mereka memiliki ikan yang berlimpah sehingga kebanyakan sumber makanan berasal dari ikan, jenis ikan mereka sendiri tidak lebih banyak daripada jenis ikan di Indonesia karena pertemuan arus hangat dan dingin tersebut. Ikan yang hidup di lautan Jepang juga termasuk ikan dengan kualitas baik karena laut mereka juga berkualitas baik.

Meskipun mereka sering mengonsumsi makanan mentah, tapi tenang saja teman-teman, mereka tidak akan terkena salmonella kok karena proses sterilisasi mereka sudah sangat canggih. Orang Jepang memiliki tradisi untuk makan dengan mempertahankan kealamian rasa yang dibawa oleh daging dan ikan. Sehingga tradisi itu membuat mereka meminimalisir proses memasak. Itulah mengapa mereka lebih menyukai makan makanan mentah yang masih memiliki rasa asli yang melekat.

 

Anna Maria Carolina H. (2201733231)

 

Sumber :