Keunikan Melon di Jepang

Mungkin anda sudah familiar mendengar nama buah tersebut, tapi jangan di bandingkan harga melon yang ada di Indonesia dan yang ada di negara jepang harganya sampai ratusan juta rupiah, apabila dibandingkan dengan Australia melon dijual dengan harga sekitar 15 dolar Australia (sekitar Rp 160 ribu) per buah. Di Indonesia lebih murah lagi. Melon dapat dibeli dengan harga kurang dari Rp 100 ribu per buah. Bahkan, sepasang buah melon Yobari King terjual seharga Rp 350 juta pada sebuah lelang di tahun 2016. Harga dua buah melon ini lebih mahal dari harga mobil baru, bahkan mungkin sama dengan harga satu rumah kecil. Jadi, apa yang membuat melon sangat mahal di Jepang ?

Disini mulai nampak perbedaanya mulai dari perawatan melon mulai dari benih hingga waktu panen tiba Di Jepang melon disebut raja buah. Musk Melon dan Yubari Melon merupakan melon yang sangat manis dan tampilannya terlihat bagaikan sebuah karya seni. Harganya juga cukup mahal. Melon premium seperti Musk Melon ditanam dengan hati-hati, satu pohon hanya untuk satu butir agar sang buah mendapatkan nutrisi yang cukup sehingga menghasilkan buah yang manis.  Para petani melon di Jepang setiap tahunnya mengirimkan hasil terbaik hasil panennya untuk diadu dalam sebuah kompetisi yang dikenal dengan nama Crown Melon Show. Pada dasarnya kompetisi ini untuk mencari siapa yang memiliki melon terbaik. Melon dinilai berdasarkan bentuk, rasa manis, aroma, dan warnanya.

Budidaya melon di Jepang ternyata memang menuntut kecermatan dan ketekunan yang tinggi. Bahkan resikonya pun tinggi. Seperti kata seorang petani di Shizuoka, ”Setiap hari saya harus menyesuaikan jumlah air untuk pertumbuhan melon. Saya benar-benar tidak punya waktu luang, bahkan untuk berlibur bersama keluarga” jadi petani melon yang berada di jepang melakukan budidaya melon dengan totalitas mulai dari aspek terkecil dari benih yang harus ditanam harus sesuai supaya menghasilkan kualitas melon yang bagus, dari segi rasa yang manis dan segi bentuk melon yang pas dimata petani jepang, Pengorbanan petani di Jepang rasanya sepadan dengan hasilnya atau paling tidak dapat menjawab mengapa harga melon di Jepang begitu mahal.

Tingkat tertinggi untuk melon dengan kualitas terbaik disebut dengan Fuji. Selanjutnya diikuti oleh tingkat Yama, Shiro, Yuki dan seterusnya. Dari sekitar seribu melon yang dipanen, biasanya hanya diperoleh satu melon yang memenuhi tingkatan Fuji. Kualitas premium adalah konsep yang diusung oleh produk-produk Made in Japan. Meskipun harganya mahal namun kualitasnya sangat terjaga. Negara matahari terbit ini memiliki tradisi mengirimkan bingkisan berupa buah-buahan ekslusif yang mengakar dalam kebudayaan mereka. Dalam masakan Jepang sendiri buah merupakan sajian penutup layaknya dessert. Akhir-akhir ini, banyak wisatawan asing memesan buah-buahan sebagai oleh-oleh ketika pulang ke negaranya.

 

Mega Kristiyawati

2201824204

 

 

REFERENSI

https://www.agronet.co.id/detail/senggang/feature/1781-Ini-yang-Membuat-Melon-Sangat-Mahal-di-Jepang

https://www.fun-japan.jp/id/articles/8090

https://www.liputan6.com/health/read/3117195/melon-lebih-mahal-dari-mobil-di-jepang-kok-bisa