Greenery Day ・みどりの日

Jepang dikenal sebagai negara yang selalu menghargai kaisarnya, bahkan hari ulang tahun kaisar dibuat menjadi hari libur nasional. Salah satu hari libur nasional yang masih berkaitan dengan kaisar merupakan bagian dari Golden Week yaitu Greenery Day atau dalam bahasa Jepang disebut みどりの日(midori no hi). Apa sih Midori no Hi itu?

Midori no Hi awalnya dirayakan pada tanggal 29 April namun digantikan dengan Showa Day dan Midori no Hi diubah tanggalnya menjadi 4 Mei. Awalnya hari tersebut dikenal dengan “Hari Ulang tahun Kaisar” karena bertepatan dengan hari ulang tahun kaisar Hirohito. Namun namanya diubah menjadi Greenery Day atau Midori no Hi dengan makna hari tersebut adalah hari untuk berkomunikasi dengan alam dan berterimkasih atas berkat yang diberikan. Selain itu juga karena kaisar sangat senang menanam tumbuhan. Cuaca pada hari tersebut biasanya juga hangat dan juga cerah. Midori no Hi juga dikenal sebagai masa untuk menanam padi dan musim panen teh hijau pertama yang disebut ichibancha (pada bulan Juli dan September ada panen kedua dan ketiga). Teh tersebut nantinya akan dipakai pada upacara minum teh atau sadou.

Penasaran dong rasa teh terbaik yang dipanen saat Midori no Hi? Keunikan dan ragam perayaan di Jepang tidak habis sampai sini, belum lagi Golden Week belum selesai jadi masih ada satu hari libur nasional lainnya yang tidak kalah menariknya.

Sumber: https://study.gaijinpot.com/