TIPS ‘N TRICK: CARA MEMAKAI YUKATA

Bagi kalian yang menyukai budaya Jepang pasti tahu kan baju tradisional jepang yang cantik ini? Yukata adalah baju tradisional sejenis kimono yang dibuat dari bahan kain katun tipis tanpa pelapis. Yukata dipakai agar badan menjadi sejuk di sore hari atau sesudah mandi malam setelah berendam di air panas. Biasanya pria dan wanita memakai kimono pada kesempatan santai saat musim panas, misalnya sewaktu matsuri, pesta kembang api, atau menari pada perayaan obon. Yukata dapat dipakai siapa saja tanpa mengenal status, wanita sudah menikah atau belum menikah dan bersifat non formal.

Penasaran  cara memakai Yukata? Berikut adalah tips cara memakainya:

  1. Kenakan  nagajuban(pakaian dalam , biasanya berwarna putih, terlihat pada kerah), bagian depan  adalan kiri menutup bagian kanan. Rapikan.
  2. Berdiri tegak, masukkan kedua lengan ke dalam
  3. Kenakan Yukata, atur sehingga jahitan bagian tengah belakang (senui) tepat berada ditengah2 belakang badan.
  4. Satukan kedua ujung kerah (tomoeri)  bagian depan yukata, tarik sedikit kerah kearah belakang tepat yang dibagian leher.
  5. Tarik yukata agak ke atas, sehingga ujung bawah yukata berada diatas mata kaki 5 cm.
  6. Atur bagian kanan yukata shitamae ,kemudian tumpangkan bagian kiri yukata  ke atas bagian kanan tadi.
  7. Rapikan yukata ,  ikat pinggang dengan tali pengencang (koshihimo).
  8. Atur yukata hingga tali pengencang tertutupi, kemudian ikat bagian badan  (dibawah payudara) dengan koshihimo, membentuk lipatan di belakang pinggul ()
  9. Rapikan kerah yukata dan kerah nagajuban.
  10. Tutup bagian tadi dengan Obi dengan melilitkannya tepat di seputar tali2 pengencang tadi berada, lalu ikat dengan tali yang sudah ada pada Obi.
  11. Rekatkan hiasan pita berbentuk kupu kupu (bunko) pada obi, Tarik  perlahan obi se arah jarum jam, atur agar hiasan pita berbentuk kupu kupunya (bunko) berada di bagian tengah belakang. Bagi yang bertubuh tinggi, yukata boleh dikenakan tanpa ohashori (lipatan di pinggang/pinggul).

Selesai! Menarik, bukan? Semoga bermanfaat, ya untuk mina-san!^^

(sumber penulisan/gambar:  https://yukata-ku.blogspot.co.id/2012/01/cara-memakai-yukata-mudah-sekali.html)