BENCHMARKING

Pada hari Jumat, tanggal 24 Mei 2024, HIMFOODTECH Binus University mengadakan kegiatan Benchmarking ke salah satu universitas di Tangerang, yaitu Unika Atma Jaya yang lebih tepatnya berlokasi di BSD City. Benchmarking tahun ini mengangkat tema “Biscuit”, yang artinya Building Interconnected Solidarity, Collaboratively Uniting Institutions Together. Acara ini dihadiri oleh BPM FTb, SMFTb, dan beberapa peserta yang berasal dari Unika Atma Jaya, juga panitia dan peserta yang berasal dari HIMFOODTECH Binus University. Acara dimulai dengan sapaan dari MC, dilanjutkan dengan pengisian entry ticket oleh para panitia dan peserta. Selanjutnya, untuk memulai acara, dilakukan doa pembuka yang dipimpin oleh Marcella Yahya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan beberapa kata sambutan dari Natasya Kristy selaku Ketua Umum HIMFOODTECH 2024/2025, Angel Pho selaku Ketua Senat FTb, dan Annastasya Chandra selaku Ketua Event Benchmarking. Materi pertama dibawakan oleh DPI Umum HIMFOODTECH, yang berisi tentang visi misi, struktur organisasi, divisi beserta job description dan program kerjanya. Dijelaskan pula bahwa event Benchmarking ini merupakan bagian dari program kerja HIMFOODTECH yang berjudul HERBS: HIMFOODTECH Relation Buildings. Acara ini bertujuan untuk mengenal lebih dalam dan bertukar pikiran dengan himpunan jurusan Food Technology dari universitas lain. Selain itu, masih banyak lagi program kerja yang tak kalah seru dan menarik. Kemudian, diikuti dengan sesi Q&A. Sesi diakhiri dengan penyerahan sertifikat kepada DPI Umum selaku para pembicara.

Gambar 1. Pemaparan Materi Oleh DPI Umum HIMFOODTECH

Selanjutnya, dilakukan permainan secara berkelompok untuk mencairkan suasana sekaligus membuat hubungan semakin dekat. Pertama, peserta akan dibagi ke dalam sepuluh kelompok, dimana setiap satu PIC mengawasi dua kelompok untuk menghindari terjadinya kesalahan dan kecurangan. Terdapat empat kata kunci yang harus diperhatikan, yaitu “jump in”, “jump out”, “jump left”, dan “jump right”. Dalam permainan ini, MC akan memimpin dengan mengatakan empat kata kunci tersebut secara cepat dan diharapkan para pemain berdiri membentuk lingkaran secara berkelompok dan dapat mengikuti perkataan MC secara cepat. Kelompok yang gagal akan langsung gugur dan ditunggu hingga kelompok terakhir bertahan.

Setelah melakukan ice breaking acara dilanjutkan dengan pemaparan materi II oleh BPM FTb Atmajaya. Pada sesi ini kita akan diperkenalkan mengenai visi misi, divisi, struktur kepemimpinan, program kerja dan rencana kedepan serta Quote dari BPM FTb yang diikuti dengan sesi Q&A. Salah satu contohnya adalah beberapa program kerja yang direncanakan untuk kedepannya seperti pembuatan Jaket FTb, Mentoring sebagai ajang belajar mengajar selain kelas perkuliahan, Tim Formatur untuk menjalin hubungan serta berbagi ilmu dengan himpunan lain dan Forum Mahasiswa sebagai wadah penyaluran aspirasi mahasiswa.

Setelah pemaparan materi III oleh BPM FTb acara dilanjutkan dengan pemaparan materi kembali oleh SMFTb. Pada sesi ini kita akan diperkenalkan kembali mengenai visi misi, divisi, struktur kepemimpinan, program kerja dari SMFTb diikuti dengan sesi Q&A. Salah satu contohnya adalah program kerja dari divisi General Affair (GA) SMFTb yaitu melakukan open donasi kepada panti jompo dengan tujuan untuk membantu kalangan orang tua yang membutuhkan dan membangun rasa peduli di antara mahasiswa terhadap sekitarnya.

Setelah 2 sesi pemaparan materi oleh BPM FTb dan SMFTb acara dilanjutkan dengan Ice Breaking II dimana semua peserta akan bermain permainan Tebak Kata. Permainan Tebak Kata dilakukan dengan cara PIC setiap kelompok yang memperagakan kata yang diberikan dan seluruh anggota kelompok harus menebak kata yang diperagakan oleh PIC kelompok. Ice Breaking II dilakukan untuk menghilangkan ketegangan dan meningkatkan semangat peserta selama acara. Setelah sesi Ice Breaking II acara dilanjutkan dengan sesi Diskusi Divisi dimana pada sesi ini setiap divisi-divisi dari HIMFOODTECH, BPM FTb dan SMFTb akan berdiskusi. Sesi ini bertujuan untuk mendiskusikan segala aspek kerja divisi seperti event, struktur kepemimpinan, perekrutan anggota dan cara kerja masing masing divisi himpunan.

Gambar 2. Ice Breaking

Gambar 3. Diskusi Divisi

Menjelang akhir acara, dilakukan pengumuman pemenang dari permainan ice breaking yang dilakukan sebelumnya. Poin terbanyak dan kelompok yang meraih peringkat pertama didapatkan oleh kelompok 7 yang terdiri dari anggota BPM FTb, SM FTb, dan HIMFOODTECH. Hal ini dapat tercapai karena adanya kerjasama dari ketiga anggota organisasi tersebut. Selanjutnya, dilakukan penyerahan plakat kepada ketua BPM FTb yaitu  saudari Finna Huang serta ketua senat FTb yaitu saudari Angel Pho sebagai tanda apresiasi yang diberikan oleh HIMFOODTECH karena telah melakukan studi banding bersama dan menjalankan hubungan baik organisasi antar kampus.

Acara pun mendekati penghujung dengan diberikannya kata-kata penutup dari saudari Finna Huang selaku ketua BPM FTb universitas Atma Jaya yang ber-terima kasih atas kehadiran HIMFOODTECH, mengapresiasi undangan studi banding dari HIMFOODTECH, dan berharap bahwa dapat melakukan kegiatan studi banding seperti ini lagi kedepannya. Acara pun mendekati penghujung dengan diberikannya kata-kata penutup dari saudari Finna Huang selaku ketua BPM FTb universitas Atma Jaya yang ber-terima kasih atas kehadiran HIMFOODTECH, mengapresiasi undangan studi banding dari HIMFOODTECH, dan berharap bahwa dapat melakukan kegiatan studi banding seperti ini lagi kedepannya. Sampai akhirnya ke penghujung acara yang akan ditutup dengan doa yang diwakili oleh Marcella Yahya. Anggota dari BPM FTb, senat FTb, dan HIMFOODTECH memberikan kesan dan pesannya terhadap acara studi banding yang telah dilaksanakan. Dikatakan bahwa acara yang dilaksanakan berlangsung sukses, menyenangkan, dan informatif. Anggota dari BPM FTb, senat FTb, dan HIMFOODTECH memberikan kesan dan pesannya terhadap acara studi banding yang telah dilaksanakan. Dikatakan bahwa acara yang dilaksanakan berlangsung sukses, menyenangkan, dan informatif.