Welcoming Party Fermentation 8.0: SYMBIOSIS.

Kegiatan promosi HIMFOODTECH dilakukan pertama kali dengan adanya expo. HIMFOODTECH menghadiri kegiatan expo yang dilakukan dari tanggal 5 hingga 7 september 2022. Dimana dalam kegiatan expo akan dibawakan materi yang sudah disiapkan kepada Binusian 26 jurusan Food Technology dengan tujuan mengajak mereka untuk bergabung kedalam Himpunan jurusan Food Technology. Saat expo juga dibagikan sampel waffle mochi yang merupakan bukti nyata sekaligus wadah penjualan dari divisi Entrepreneurship dari HIMFOODTECH. HIMFOODTECH juga menyembahkan performance saat expo berjalan, dimana perwakilan dari mahasiswa HIMFOODTECH melakukan percobaan dengan bunga telang yang akan berubah warna. 

 

Acara Welcoming Party Fermentation 8.0: SYMBIOSIS yang diadakan pada hari kamis tanggal 15 september 2022, diawali pada pukul 9.50 yang dimana peserta sudah diizinkan untuk memasuki lokasi acara. Acara dimulai dengan kata pembuka yang dibawakan oleh MC dan doa pembuka yang dibawakan oleh panitia acara yaitu kemal. Setelah diawali acara dengan adanya doa, peserta diarahkan untuk melakukan pengisian entry ticket yang telah disediakan sebagai bukti kehadiran dari acara Welcoming Party Fermentation 8.0: SYMBIOSIS.

Setelah selesai mengisi entry ticket acara pun berjalan dengan adanya kata sambutan dari perwakilan dosen yang dibawakan oleh Bu Fatyah. Setelah kata sambutan oleh perwakilan dosen, dilanjutkan dengan kata sambutan oleh ketua umum HIMFOODTECH 2022 yaitu Erica Fidelia. Dan prosesi kata sambutan diakhiri dengan kata sambutan dari ketua event Natalia Devi. 

 

Setelah adanya sesi kata sambutan, acara dilanjutkan dengan adanya video singkat dari sponsor selaku penyedia tempat yaitu Pacific Garden. Setelah video singkat, diadakan pemanasan terlebih dahulu untuk mulai menyiapkan peserta untuk beragam kegiatan yang akan dilakukan selama acara. Pemanasan dilakukan dengan meminta masing-masing kelompok untuk melakukan jargonnya masing-masing untuk menunjukan antusias dari masing-masing kelompok dalam mengikuti acara. Setelah pemanasan, peserta diajak untuk bermain games, yaitu guess the gibberish

Pada game ini,  peserta akan diberikan soal oleh panitia dan waktu selama 30 detik untuk berdiskusi untuk memikirkan jawaban dari soal yang diberikan. Soal yang diberikan berupa kata-kata gibberish yang dimana peserta harus dapat menyimpulkan arti yang sebenarnya dari kata-kata tersebut. Setelah waktu 30 detik berlalu, peserta akan diberi aba-aba oleh MC dan bagi peserta yang paling cepat mengangkat tangan, maka peserta tersebut dapat dipersilahkan untuk menjawab soal yang diberikan.

 

Setelah selesai bermain, peserta memasuki salah satu sesi utama yang ada dari acara Welcoming Party Fermentation 8.0: SYMBIOSIS yaitu sesi sharing. Terdapat dua sesi sharing, yang dimana sesi sharing  pertama dibawakan oleh Kak Valeri yang merupakan alumni dari jurusan Food Technology

Setelah sesi sharing terdapat juga sesi Q&A yang dimana peserta dapat menanyakan pertanyaan dari materi yang telah disampaikan dan sesi sharing pertama diakhiri dengan penyerahan sertifikat. Setelah sesi sharing pertama, terdapat juga sesi sharing kedua yang dibawakan oleh Kak Andrew yang juga merupakan alumni jurusan Food Technology dan juga bercerita pengalamannya saat menjadi anggota dari HIMFOODTECH.

Setelah sesi sharing  dari Kak Andrew pun, juga ada sesi Q&A untuk peserta dapat menanyakan pertanyaan mengenai materi yang dibawakan selama sesi sharing, dan setelah sesi Q&A juga dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat seperti pada sesi sharing pertama. Setelah sesi sharing, ada ISHOMA yang dimana peserta diberikan waktu untuk istirahat, sholat, dan makan.

 

Setelah ishoma, kegiatan Welcoming Party Fermentation 8.0: SYMBIOSIS dilanjutkan dengan sesi games cerdas cermat yang terdiri dari tiga subgames yaitu where in the world, tebak makanan daerah, dan foonders. Permainan where in the world berisikan clue mengenai sebuah tempat dan para peserta akan berlomba untuk menjawab pertanyaan tersebut. Kelompok yang berhasil menjawab dengan benar akan mendapatkan tambahan poin. Permainan tebak makanan daerah merupakan games yang berupa pertanyaan mengenai makanan tradisional Indonesia. Para peserta akan kembali berlomba untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan untuk mendapatkan poin. Permainan foonders merupakan games tebak gambar mengenai sebuah merk produk pangan. Para peserta diminta untuk dengan cepat menyebutkan merk produk dari clue yang diberikan dan founder dari merk produk tersebut. Ketiga permainan ini diikuti para peserta dengan antusias sehingga sesi games berjalan dengan meriah.

 

Setelah para peserta seru bermain games, acara dilanjutkan dengan sesi talkshow oleh tiga orang aktivis HIMFOODTECH yang berasal dari angkatan B25 yaitu Naufal, Rahel, dan Amel. Pada sesi ini, para peserta mendengarkan penjabaran singkat mengenai HIMFOODTECH  dan juga sharing pengalaman-pengalaman berorganisasi selama aktif di dalam program kerja HIMFOODTECH. Sesi talkshow didampingi oleh MC sebagai moderator. Talkshow berjalan secara interaktif dan para peserta banyak memberikan pertanyaan mengenai topik yang disampaikan.

 

Welcoming Party Fermentation 8.0: SYMBIOSIS kemudian dilanjutkan dengan games assemble the food. Pada game ini, setiap kelompok akan satu perwakilan yang akan mengambil bahan makanan di petak tali untuk menyusun menu yang diberikan dengan mata tertutup. Para anggota kelompok yang lain akan membantu perwakilan kelompoknya untuk mengambil bahan makanan yang disediakan. Permainan akan dilakukan dengan mengadu tiga kelompok, dan satu kelompok dengan poin tertinggi di games sebelumnya akan mendapatkan privilege, yaitu tidak ikut bermain di ronde pertama dan lolos ke ronde kedua. Setiap kelompok yang lolos akan diadu kembali sampai mendapatkan pemenangnya. Pemenang dari games ini akan kembali mendapatkan poin. Game ini diikuti oleh para peserta dengan sangat antusias. Setiap kelompok dengan semangat membantu perwakilan kelompoknya untuk mengambil gambar bahan-bahan makanan yang diletakan di petak tali. 

Setelah game assemble the food, acara dilanjutkan dengan game lainnya yaitu rebutan kursi. Pada game ini, setiap kelompok akan mengirimkan perwakilan untuk bermain. Para perwakilan kelompok akan diminta untuk berjalan dengan berputar selagi lagu diputar. Ketika lagu berhenti, MC akan menyebutkan barang yang harus dicari oleh para peserta sebelum rebutan menduduki kursi yang tersedia. Jumlah kursi akan dikurangi pada setiap ronde nya sehingga akan tersisa satu orang tercepat yang dapat menduduki kursi. Orang terakhir yang dapat menduduki kursi merupakan pemenang dari game rebutan kursi dan kelompok nya akan mendapatkan tambahan poin. 

 

Sesi games diakhiri dengan pengumuman pemenang berdasarkan akumulasi poin setiap games. Juara 3 didapat oleh kelompok 8, juara 2 didapat oleh kelompok 7, dan juara 1 didapat oleh kelompok 6. 

Kelompok 6 sebagai juara pertama mendapatkan golden ticket dengan keuntungan deadline artikel yang lebih lama. Setelah pengumuman pemenang, para peserta menyaksikan performance berupa nyanyian dan flashmob dari para panitia. 

Acara pun dilanjutkan dengan sesi dokumentasi untuk mengabadikan momen welcoming party bersama para freshmen. Acara welcoming party pun diakhiri dengan doa penutup untuk mengucap syukur atas berjalannya acara dengan lancar dan juga pengisian exit ticket. Seiring dengan pengisian exit ticket berakhir pula acara Welcoming Party Fermentation 8.0: SYMBIOSIS.

Terima kasih kepada seluruh peserta, dosen, pembicara, serta panitia yang telah turut berpartisipasi dalam mensukseskan acara Fermentation 8.0: SYMBIOSIS. Adanya acara ini diharapkan dapat memberikan gambaran umum mengenai kegiatan-kegiatan di HIMFOODTECH serta keunggulan yang akan diperoleh dengan bergabung pada organisasi tersebut. Kami selaku panitia juga berharap mahasiswa baru dapat bergabung dan ikut mendaftarkan diri sebagai aktivis HIMFOODTECH pada periode selanjutnya.