FERMENTATION 6.0: IMMUNITY

Oleh:

Kezia Atilla – 2301877861

Di tengah pandemi yang sedang terjadi, acara tahunan seperti Expo UKM & Himpunan yang diadakan oleh BINUS tentunya juga tetap diadakan dengan konsep yang sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu diadakan secara online, setiap Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Himpunan diberi wewenang masing-masing untuk mempromosikan organisasi mereka. Tentunya Himpunan Food Technology (HIMFOODTECH) juga turut meramaikan acara ini. Walaupun hanya secara online tidak mengurangi semangat para panitia Expo dari HIMFOODTECH untuk mempromosikan himpunannya dan para pesertanya pun sangat antusias untuk mengikuti jadwal-jadwal expo UKM dan Himpunan yang sudah disediakan.

Gambar 1. Poster HIMFOODTECH EXPO 2020

Tidak menjadi beban bagi para panitia HIMFOODTECH, justru acara Expo secara online ini menjadi kesempatan emas bagi mereka untuk memperkenalkan HIMFOODTECH dengan keunikan tersendiri. Dengan jadwal yang sudah ditentukan (29 Juli, 5 dan 12 Agustus 2020) panitia HIMFOODTECH berlomba-lomba dengan semangat mempromosikan dan merekrut anggota baru untuk himpunannya. Poster, banner, dan informasi disebarkan secara online melalui berbagai media sosial. Pada channel HIMFOODTECH diadakan Expo untuk mempromosikan dan memperkenalkan himpunan secara langsung kepada para peserta Expo, dengan rangkaian acara yang dibuka terlebih dahulu oleh MC, kemudian para peserta diputarkan video singkat berisikan informasi-informasi pembuka tentang HIMFOODTECH, lalu agar informasi tersebut menjadi lengkap, para Dewan Perwakilan Inti (DPI) dari HIMFOODTECH hadir untuk menjelaskan langsung kepada para peserta materi singkat yang disampaikan seperti penjelasan apa itu UKM dan himpunan kemudian juga pengenalan HIMFOODTECH itu sendiri apa saja divisi-divisi yang ada, struktur organisasinya dan penjelasan tentang prestasi yang pernah diraih dan program kerja (proker) yang dilaksanakan, games pun kemudian diadakan sebagai pencair suasana yang diikuti oleh peserta secara antusias, diadakan juga sesi tanya jawab bagi para peserta untuk bertanya langsung tentang perihal yang ingin mereka ketahui lebih jelas ataupun perihal hal yang masih membingungkan bagi mereka, di penghujung acara tidak lupa MC menutup acara dengan pelengkapnya yaitu sesi foto-foto!

Setelah sukses merekrut anggota baru pada acara Expo, para calon anggota HIMFOODTECH diundang untuk mengikuti acara yang menjadi wadah perkenalan jurusan Food Technology sendiri dan tentunya himpunannya, acara tersebut yaitu Welcoming Party Fermentation 6.0 yang bertemakan Immunity, yang menjadi konsep alur cerita pada acara ini yaitu terdapat satu orang infected (seorang berpenyakit) yang harus ditemukan dengan bantuan para peserta.

Gambar 2. Pembukaan FERMENTATION 6.0 oleh Ketua Umum HIMFOODTCEH 2020

Acara ini diadakan secara online dengan menggunakan media video conference Zoom. Acara tersebut dirangkai langsung oleh para panitia dari HIMFOODTECH. Selain bertujuan untuk memperkenalkan jurusan dan himpunan, acara ini juga bertujuan untuk lebih mengenal lebih dekat dan menjadi ajang silaturahmi bagi para anggota HIMFOODTECH dan juga para peserta, membuktikan bahwa Himpunan Food Technology memiliki rasa kekeluargaan yang kuat. Acara ini tentunya dibuka oleh MC yang kemudian terdapat sambutan dari ketua HIMFOODTECH, Lucky Wijaya dan juga ketua Welcoming Party Fermentation 6.0, Joenni Hans. Acara dimulai dengan sesi permainan yang pertama yaitu tebak gambar, guna mencairkan suasana dan juga sebagai pendorong semangat bagi para peserta. Setelah itu, diadakan sesi pengenalan jurusan oleh Binusian 22 dan 23 dengan sesi tanya jawab singkat sebelum akhirnya kembali masuk ke sesi permainan kedua yaitu word search, dilanjutkan dengan istirahat untuk ibadah dan makan siang (ISHOMA). Setelah sesi break selesai, acara dimulai kembali dengan sesi permainan ketiga untuk kembali membangkitkan semangat para peserta dengan permainan menggambar dan menebak pada Gartic.io, pada permainan ini para peserta saling menunjukkan kemampuan menggambar mereka dan ketangkasan dalam menebak gambaran masing-masing.

Gambar 3. Sesi Games Tebak Gambar

Kemudian kembali dilanjutkan dengan pemberian materi pengenalan HIMFOODTECH oleh DPI, seperti pada acara Expo, namun kali ini materi yang dijelaskan lebih lengkap dan mendetail, lalu terdapat lagi sesi permainan terakhir yaitu permainan tebak lagu dimana peserta berlomba-lomba untuk menebak lagu-lagu tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan sesi yang sangat berharga, yaitu sesi sharing oleh alumni Food Technology, dimana para tamu narasumber yaitu alumni Food Technology membagikan pengalaman mereka dan juga tentunya membagikan wawasan baru pada para peserta. Dipenghujung acara kemudian ditutup kembali oleh MC dan diadakannya sesi foto-foto sebagai kenang-kenangan dan pelengkap.

Gambar 4. Sesi Foto Bersama

Dengan diadakannya acara Welcoming Party ini diharapkan dapat mendekatkan para anggota HIMFOODTECH dan juga bagi para peserta dapat mengenal lebih baik tentang jurusan dan himpunannya.