CANDY ( CAREER & CAMPAIGN DAY )

CANDY ( CAREER & CAMPAIGN DAY )

Advantages to Achieve Success and Ready to Face Global Challenges in Food Industry

Pada tanggal 20-21 Mei lalu, telah dilaksanakan acara CANDY (Career and Campaign Day) 1.0. Zoom dibuka tepat pada pukul 13.00 WIB. Pada saat di waiting room dan ketika sudah masuk ke dalam zoom, panitia menginformasikan kepada para peserta untuk menggunakan Virtual Background yang telah disiapkan. CANDY merupakan program kerja baru HIMFOODTECH yang bertujuan untuk menambah insight mahasiswa mengenai karir setelah menyelesaikan perkuliahan dan CANDY juga mendatangkan para alumni BINUS atau seorang expert dalam bidang industri pangan. Pada hari pertama, pembacaan doa dipimpin oleh Rachael Oksana dan pada hari kedua, pembacaan doa dipimpin oleh Nathaniel Nevan secara universal dan khidmat. Selanjutnya, peserta diminta untuk mengisi entry ticket yang telah dikirim melalui kolom chat zoom atau scan barcode yang terdapat di slide PowerPoint.

Setelah pengisian entry ticket, kegiatan dilanjutkan dengan kata sambutan oleh perwakilan jurusan Food Technology, Ibu Fathyah Hanum Pamungkaningtyas, S.T.P., M.Sc. untuk hari pertama dan Ibu Diana Lo, S.TP., M.Sc., Ph.D untuk hari kedua. Bu Fathyah dan Bu Diana berharap dengan adanya acara CANDY ini, dapat membuka wawasan bagi para peserta untuk karirnya di masa depan. Tak lupa, Ketua HIMFOODTECH 2022/2023, Erica Fidelia, dan Ketua Event CANDY, Annisa Prasanti, juga turut memberikan kata sambutan. Erica dan Annisa sangat berharap kepada para peserta agar dapat mengikuti kegiatan CANDY dengan baik dari awal hingga akhir. Dalam kegiatan CANDY hari pertama dan hari kedua, masing-masing terdapat 2 pemaparan materi yang dipandu oleh Nadia Almaretha Soeharto selaku moderator. Materi pertama pada hari pertama dibawakan oleh Kak Rafly Eko Setiawan, S.TP. selaku alumni BINUS tahun 2020 dengan topik “Insight About Quality Control Analyst”. Saat ini, Kak Rafly bekerja sebagai Quality Control Analyst di PT Essence Indonesia, International Flavors & Fragrances. Topik yang disampaikan Kak Rafly membahas tentang apa itu Quality Control Analyst dan bagaimana cara menjadi Quality Control Analyst. Tak lupa, Kak Rafly juga menyampaikan benefit yang didapatkan kita ketika menjadi Quality Control Analyst. Selanjutnya, materi pertama untuk hari kedua dibawakan oleh Kak Meline Lavinia, S.TP selaku alumni BINUS tahun 2019 dengan topik Marketing in Flavour Company. Topik yang disampaikan Kak Meline membahas tentang career journey di flavor industry. Lalu, Kak Meline juga menyampaikan berbagai suka dan duka bekerja dalam bidang marketing dalam industri flavor.

Setelah pembawaan materi selesai, dibuka sesi tanya jawab bagi para peserta yang memiliki pertanyaan. Beberapa orang menanyakan hal yang relatif sama, yaitu “apa saja yang akan dilakukan oleh seorang quality control dan apa saja kesukaan dan tantangan dalam menjalankan tugas sebagai quality control”. Semua pertanyaan yang dilontarkan dapat dijawab sangat detail dengan pembawaan yang santai sehingga peserta CANDY juga merasa nyaman dan berani dalam sesi tanya jawab. Selanjutnya, disambung dengan pemberian plakat dari pihak HIMFOODTECH dan Jurusan Food Technology BINUS kepada pembicara. Pihak operator melakukan pengambilan foto untuk mengabadikan momen pemberian plakat.

Pada hari kedua, ketika pembicara pertama, yaitu Kak Meline selesai memaparkan materi, dibuka sesi tanya jawab bagi para peserta yang memiliki pertanyaan. Peserta CANDY bertanya seputar materi yang sudah disampaikan, yaitu tentang “Marketing in Flavour Company”. Banyak dari peserta CANDY, terutama yang berjurusan Food Technology, tidak menyangka bahwa marketing menjadi salah satu opsi pekerjaan untuk lulusan sarjana teknologi pangan. Kak Meline menjelaskan bahwa menjadi bekerja dalam bidang marketing di perusahaan pangan adalah sesuatu yang cukup menyenangkan juga dan tidak selalu semua harus bekerja dalam pabrik. Semua pertanyaan dijawab dengan detail dan dengan pembawaan yang santai. Selanjutnya disambung dengan pemberian plakat dari pihak HIMFOODTECH dan Jurusan Food Technology kepada pembicara. Pihak operator melakukan pengambilan foto untuk mengabadikan momen pemberian plakat.

Setelah pemaparan materi pertama, para peserta terlihat sudah mulai hilang fokus. Oleh karena itu, pada hari I, MC akan mengambil waktu untuk melakukan ice breaking. Ice breakingnya adalah bermain game MADU. Peserta akan melakukan raise hand dan mengeja kata-kata yang dilontarkan oleh MC. Ice breaking berlangsung selama kurang lebih 15-20 menit. Sedangkan pada hari ke II, ice breaking yang dilakukan adalah ice breaking berupa scrabble words. Scrabble words adalah permainan di mana, peserta harus raise hand dan unmute untuk menjawab huruf-huruf yang acak menjadi satu kata yang berkaitan dengan materi yang telah disampaikan. Dengan adanya ice breaking ini, diharapkan para peserta bisa lebih fokus dan lebih semangat lagi untuk mendengarkan pemaparan materi kedua.

Pada hari pertama, setelah sesi ice breaking selesai, moderator memperkenalkan pembicara kedua secara singkat yaitu pak Valentino Ivan, S. Kom. Pak Ivan membawakan materi berupa “Bringing Up Contemporary Food Ideas in The Pandemic Era“. Pak Ivan dengan jelas dan singkat memberikan banyak masukan pada peserta CANDY dalam hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika memulai suatu bisnis yang baru dalam bidang pangan. Pak Ivan juga menceritakan pengalamannya ketika bekerja dengan brand-brand yang besar dan bagaimana untuk terus melihat target market dari bisnis yang ingin dibuat. Pak Ivan juga menunjukkan banyak inovasi pangan yang dapat dilakukan di masa-masa pandemi seperti ini. Sedangkan pada hari kedua, setelah sesi ice breaking selesai, moderator memperkenalkan pembicara kedua untuk CANDY hari kedua, yaitu Kak Vania Clarensia yang merupakan seorang yang bekerja di salah satu perusahaan flavor, yaitu PT. Takasago International Indonesia dan membawakan materi berupa “Insight about Flavor Compounder”.

Sesi tanya jawab dibuka setelah pemaparan materi oleh pembicara untuk memberikan kesempatan bagi para partisipan yang ingin bertanya kepada pembicara. Pada hari pertama, untuk Pak Valentino Ivan, terdapat 8 penanya pada sesi ini yang menanyakan berbagai hal seputar bisnis FnB mulai dari cara branding yang efektif, cara menarik customer, promosi di hari libur nasional, cara menghadapi persaingan, dan masih banyak lagi. Pada hari kedua dan pembicara kedua, yaitu kak Vania, banyak juga yang melontarkan pertanyaan seputar kesan dan pesan menjadi seorang flavor compounder. Selain itu, peserta CANDY juga menanyakan tentang suka dan tantangan menjadi seorang flavor compounder. Semua pertanyaan dijawab dengan detail dan dengan pembawaan yang santai.  Setelah itu disambung dengan pemberian plakat pada pembawa materi sebagai bentuk apresiasi dari HIMFOODTECH dan Jurusan Food Technology kepada para pembicara yang sudah bersedia meluangkan waktunya untuk menyampaikan materi yang sangat berguna bagi semua peserta CANDY.

Selanjutnya, setelah pemaparan materi kedua selesai, MC menginformasikan kepada para peserta CANDY untuk mem-posting campaign yang telah disediakan oleh pihak panitia sebagai salah satu persyaratan untuk dapat menerima poin SAT (Student Activity Transcript) bagi para Binusian.

Selanjutnya adalah sesi doorprize. Sesi doorprize merupakan sesi pemberian hadiah berupa gopay kepada 4 partisipan beruntung. Namun, hanya partisipan aktif saja yang memiliki kesempatan untuk menerima doorprize ini. Penerima doorprize ditentukan melalui generator wheel yang berisi beberapa nama partisipan yang telah aktif bertanya dan bermain saat ice breaking selama acara berlangsung.

Setelah semua sesi CANDY di hari pertama dan hari kedua telah selesai, maka para peserta webinar diminta untuk mengisi exit ticket sebagai bukti kehadiran para peserta. Tidak cuma data, exit ticket juga berisikan kesan dan pesan para peserta pada CANDY di hari pertama dan hari kedua. Dilanjutkan dengan sesi dokumentasi, yang merupakan sesi wajib apabila masih menyelenggarakan acara secara online, yang nantinya akan menjadi kenang-kenangan webinar CANDY 1.0 kali ini. Pada sesi foto semua peserta, panitia, dan pembicara.

Karena acara telah dibuka dengan doa pembuka, maka akan ditutup dengan doa penutup dengan menguncap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah membantu kelancaran acara CANDY hari pertama dan hari kedua, sehingga tidak ada masalah yang menghambat jalannya acara.

Selanjutnya, MC dari CANDY hari pertama dan hari kedua, yaitu Eunike dan Devi menguncapkan terima kasih kepada pembicara dan peserta webinar yang sudah meluangkan waktu untuk hadir dan ikut berpartisipasi dalam acara CANDY hari pertama dan hari kedua. Tidak lupa juga ucapan terima kasih untuk HIMTES, HIMTRI, BSLC, HIMARS, TFISC, dan Pengabdi SAT selaku media partner acara CANDY.