Gado-Gado Makanan Sehat Penuh Gizi

Oleh: 

Rahel Novelia C (2301952413)

Siapa yang tidak kenal dengan Gado-gado? Hidangan ini merupakan salah satu hidangan populer yang sering disebut sebagai saladnya orang Indonesia. Gado-gado dapat dengan mudah ditemukan hampir diseluruh daerah Indonesia. Selain itu, hidangan ini juga mudah untuk dibuat karena terbuat dari bahan-bahan yang mudah untuk ditemukan. Rasanya yang enak menjadi salah satu alasan mengapa hidangan ini banyak digemari oleh masyarakat. Tidak hanya enak, harganya yang terjangkau dan porsinya yang cukup mengenyangkan ini juga menjadi alasan masyarakat suka dengan hidangan ini. Komposisi gado-gado yang terdiri dari berbagai sayuran memperkuat cita rasa khas Indonesia sebagai negara agraris pada hidangan. Pada dasarnya, masing-masing daerah memiliki hidangan gado-gadonya yang khas.

Selain enak, harganya terjangkau, dan porsinya yang mengenyangkan, gado-gado juga memiliki kandungan nutrisi karena terdiri dari berbagai sayuran yang direbus dan berbagai produk pangan lainnya sebagai pelengkap. Umumnya, satu porsi gado-gado berisi kentang rebus, ketimun, taoge, tomat iris, kol, kangkung, tahu/tempe goreng, kacang panjang, telur rebus, dan disiram dengan bumbu kacang. Kerupuk juga sering ditambahkan sebagai pelengkap pada hidangan gado-gado ini.

Gado-gado yang terdiri dari berbagai sayuran ini memiliki nilai nutrisi yang tinggi seperti serat, mineral, dan vitamin. Satu buah kentang pada gado-gado dapat menjadi salah satu sumber vitamin C, kalium, serat, magnesium, dan sumber vitamin B6 sehingga bermanfaat dalam metabolisme karbohidrat dan protein. Tahu/tempe goreng dan telur rebus dapat menjadi sumber protein bagi tubuh. Tahu/tempe merupakan salah satu produk pangan sebagai protein nabati yang terbuat dari olahan kedelai. Tahu/tempe ini juga mengandung asam amino esensial, sumber magnesium, zat besi, dan vitamin B1. Sementara, telur merupakan bahan pangan protein hewani yang juga memiliki kandungan vitamin A, D, E, zat besi, dan kholin yang bermanfaat bagi kesehatan gigi, tulang, kulit, dan mata. Pada kol, terdapat kandungan vitamin A, B kompleks, zat besi, kalium, ripoflavin, dan asam folat. Kandungan pada kol tersebut dapat berperan sebagai zat pembangun yang bisa melancarkan metabolisme pada tubuh. Kacang panjang pada gado-gado diketahui dapat membantu memelihara kesehatan jantung, mencegah diabetes, osteoporosis, melancarkan pencernaan, serta kesehatan tulang. Selain itu, kacang panjang juga sebagai salah satu sumber antioksidan dan protein nabati. Kandungan tauge pada hidangan ini juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan baik bagi tubuh yang meliputi vitamin A, B, C, E, dan K. Kandungan berbagai vitamin pada tauge ini memiliki manfaat kesehatan seperti menghindari kanker, penyakit jantung, dan stroke. Selain itu, tauge juga diketahui baik untuk kesehatan kulit dan menghindari penuaan dini. Dan yang terakhir adalah bumbu kacang pada gado-gado. Bumbu kacang ini terbuat kacang tanah yang diketahui memiliki kandungan lemak tak jenuh, mineral, dan vitamin. Kandungan nutrisi pada bumbu kacang ini bermandaat untuk mengurangi resiko batu empedu, kanker usus, dan penyakit jantung.

Nah gimana nih foodies? Banyak banget ya ternyata manfaat dari mengonsumsi gado-gado ini. Dengan mengonsumsi gado-gado ini kita tidak hanya memenuhi kadar nutrisi bagi tubuh tetapi kita juga membantu memelihara hidangan khas Indonesia.

REFERENSI

Santoso, U., Gardjito, M., & Harmayani, E. (2019). Makanan Tradisional Indonesia Seri 2: Makanan Tradisional yang Populer (Sup, Mi, Set Menu Nasi, Nasi Goreng, dan Makanan Berbasis Sayur) (Vol. 2). Yogyakarta: UGM PRESS.

Yuniatun, T., Martini, M., Purwantisari, S., & Yuliawati, S. (2017). Hubungan Higiene Sanitasi Dengan Kualitas Mikrobiologis Pada Makanan Gado-Gado Di Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(4), 491-499.