MARI DIET MENGGUNAKAN NASI PUTIH !

Oleh :

Sheryl Michelle – 2301884860

 Susan Andela – 2301850286

Membaca judul diatas tentu membuat banyak orang bingung, bukankah kalau diet itu justru menghindari nasi putih dan menggunakan alternatif lain sebagai pengganti nasi putih seperti nasi merah?

Ternyata dengan menggunakan metode memasak yang khusus, kalori nasi putih bisa berkurang sampai 50% loh! Bahkan hasil dari metode ini menghasilkan nasi yang jauh lebih baik dan kalori yang lebih rendah daripada nasi merah sebagai makanan untuk diet. Hal ini diteliti dengan metode memasak tertentu yaitu memasak nasi dengan cara yang biasa yang ditambahkan minyak kelapa, kemudian setelah matang didinginkan minimal selama 12 jam.

Bagaimana bisa kalorinya berkurang sampai 50%? Kalori nasinya kemana kalau begitu?

Berdasarkan penelitian dari srilanka, perbedaan antara nasi putih biasa dengan nasi penelitian terdapat pada water resistantnya. Nasi putih biasa dan nasi putih hasil penelitian memiliki perbedaan water resistantnya hingga 2 kali lipat dimana kandungan water resistant pada nasi penelitian jauh lebih besar dibanding nasi putih biasa. Hal ini dikarenakan ketika memasak menggunakan minyak kelapa, Minyak kelapa tersebut masuk ke granula pati pada nasi sehingga struktur nasi berubah menjadi resisten terhadap enzim pencernaan. Ketika nasi penelitian ini dimakan, pati resisten ditolak untuk dicerna enzim amilase dalam tubuh, sehingga tubuh kita hanya mampu menyerap sari – sari karbohidrat pada nasi tersebut sampai setengahnya saja.

Bagaimana proses pembuatan nasi putih dengan resep hasil penelitian?

Air direbus terlebih dahulu kemudian masukkan 2.5 sendok teh minyak kelapa. Setelah itu, beras dimasukkan sebanyak 200-250 gram lalu masak sampai matang. Setelah matang, nasi tersebut dimasukkan ke dalam wadah dan didiamkan hingga suhu ruang, setelah itu masukkan kedalam kulkas selama kurang lebih 12 jam.

Hasil dari penelitian ini yaitu gula darah setelah mengonsumsi nasi hasil penelitian jauh lebih rendah dibandingkan nasi putih biasa dan nasi merah serta menghasilkan kalori yang lebih baik untuk diet. Tak dapat dipungkiri bahwa terdapat kekurangan pada nasi hasil penelitian ini yaitu tekstur nasi setelah didinginkan menjadi lebih kering dan tidak pulen. Untuk mengatasi hal ini, nasi dapat dihangatkan kembali tanpa merusah resiten nasi.

Sumber :

Sonia, S., Witjaksono,F., & Ridwan, R. (2015). Effect of Cooling of Cooked White Rice on Resistant Starch Content and Glycemic Response. Asia Pac J Clin Nutr, 24(4), 620-625.