MANFAAT DAN KANDUNGAN JANTUNG PISANG

Anggiasyifa Utrechtsa (2101643701)

(Sumber: www.pertanianku.com)

Tanaman pisang dpat tumbuh pada iklim tropis basah, panas dan lembab. Jantung pisang merupakan bunga yang dihasilkan oleh pokok pisang yang memiliki fungsi untuk menghasilkan buah pisang. Jantung pisang didapatkan pada saat pisang sedang berbunga dan menghasilkan tandan pisang. Jumlah tandan dan jantung pisang yang dihasilkan lebih dari satu hanya pada keadaan tertentu atau spesies tertentu (suyanti dan supriyadi, 2008).

Jantung pisang memiliki ukuran yaitu 20-40 cm dengan ukur lilit tengah jantung pisang 12-25 cm. Struktur jantung pisang memiliki banyak lapisan kulit dari lapisan kulit paling gelap berwarna cokelat ungu kemerahan pada bagian luar dan warna putih susu pada bagian dalam. Jantung pisang  memiliki cairan berwarna jernih dan akan berubah menjadi pudar apabila terkena udara dari luar. Kulit luar jantung pisang keras dan akan terbuka sampai waktu bagi mendedahkan bunga betina (Novitasari dkk, 2013)

Jantung pisang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan alternatif. Tidak semua jantung pisang dapat dikonsumsi. Jantung pisang yang dapat dikonsumsi adalah jantung pisang dari jenis pisang batu, pisang kapok, pisang klutuk dan pisang siam (Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, 2014). Kandungan nutrisi per 100 gram jantung pisang segar yaitu energy 31 kkal, protein 1,2 g, lemak 0,3 g, karbohidrat 7,1 g, kalsium 3,0 mg, fosfor 50 mg, zat besi 0,1 mg, vitamin A 170 mg, vitamin B1 0,05 mg, vitamin C 10 mg, air 90,2 g dan BDD 25% (Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI, 1992).

Jantung pisang mengandung saponin yang memiliki fungsi untuk menurunkan kolesterol dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh serta dapat mencegah kanker. Selain itu, jantung pisang juga mengandung flavonoid yang memiliki fungsi sebagai anti radikal bebas, anti kanker, anti dan juga jantung pisang mengandung  yodium yang memiliki fungsi untuk mencegah penyakit gondok. Jantung pisang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes, dapat mencegah stroke, penderita jantung coroner dan dapat memperlancar siklus darah. (Dinas Kehutanan Jawa Barat, 2014)

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat. 2014. Jantung Pisang Kaya Serat dan

            Manfaat. Jawa Barat.

Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI. 1992. Daftar Komposisi Bahan Makanan.

            Jakarta : Bhartara Karya Aksara.

Novitasari, Afifah, dkk. 2013. Inovasi Dari Jantung Pisang (Musa spp). Surakarta :

STIKes Kusuma Husada. 99 hal.

Suryanti dan Supriyadi. 2008. Pisang : Budidaya, Pengolahan dan Prospek Pasar.

            Jakarta : Penebar Swadaya.

www.petaniku.com