YUK COBA EDIBLE CUTLERY! ALAT MAKAN INI BISA DIMAKAN JUGA LOH!

Nada Fakhriya

Sumber gambar: https://www.lavu.com/blog/trends/edible-cutlery-could-replace-plastic-utensils.html

Halo foodies! Tau kah kalian tentang alat makan yang bisa dimakan? Inovasi terbaru ini sangat menarik loh, selain unik kalian juga bisa menjaga lingkungan dari sampah yang sulit terurai. Biasanya alat makan yang kita gunakan berbahan stainless steel ataupun plastik, alat makan stainless digunakan untuk keperluan makan dirumah yang dapat berkali-kali dicuci sedangkan alat makan berbahan plastik biasanya kita dapatkan saat membeli makanan atau minuman (sekali pakai). Plastik merupakan bahan yang sering digunakan untuk alat makan, namun sangat sulit untuk di urai dan membutuhkan proses yang panjang serta lama sekali.

Seorang warga negara India yaitu Narayana Peesapaty melakukan inovasi pada dunia pangan sekaligus desain alat makan. Berkat keprihatinannya terhadap lingkungan dan makhluk hidup, akhirnya Narayana membuat sebuah alat makan yang sehat dan tentunya aman bagi lingkungan. Alat makan ciptaan Narayana Peesapaty sudah dikembangkan sejak tahun 2010 dan saat ini bekerja sama dengan perusahaan Bakeys dan sudah terjual sebanyak 1,5jt alat makan. Sendok yang aman ini terbuat dari bahan-bahan alami yang dapat dimakan, yaitu pati, beras dan tepung gandum. Sendok ini juga dapat digunakan untuk makanan panas, tidak seperti biskuit yang mudah hancur dalam air atau sup panas, sendok ini dapat bertahan selama 20 menit.

Sumber Gambar: http://www.bakeys.com/images/

Edible Spoon  ini juga hadir dengan berbagai varian rasa seperti manis, jahe dan kayu manis, lada hitam, jahe dan bawang putih, jintan, seledri, mint-jahe, dan campuran wortel serta buah bit.  Sendok yang bisa dimakan ini dapat bertahan selama 2-3 tahun apabila disimpan didalam kemasan. Saat ini perusahaan Bakeys sedang memproduksi lebih dari 800 ribu sendok perharinya dan akan diproduksi lagi lebih banyak berkenaan dengan banyaknya permintaan. Jika kita menggunakan alat makan ini untuk bersantap, namun sendok atau garpunya tidak kita makan, maka alat makan itu akan terurai sendiri dalam waktu 5 hari.

Selain sendok yang bisa dimakan, perusahaan lain juga ada yang memproduksi piring dengan material bahan alami sehingga dapat dimakan. Ialah Biotrem, sebuah perusahaan teknologi yang memproduksi piring yang terbuat dari material bahan alami, yakni dedak gandum alami. Edible plate ini dibuat di Polandia dengan menggunakan bahan-bahan yang terdiri dari dedak gandum alami dan sedikit air. Lalu kemudian dikemas menjadi bentuk piring padat dengan adanya tekanan dan suhu tinggi. Di mana, untuk penyajian piring yang bisa dimakan ini bisa digunakan untuk menjadi alat saji hidangan makanan bersuhu panas ataupun dingin. Tidak hanya itu, bahkan bisa juga digunakan untuk di dalam oven dan microwave. Kecanggihan edible plate ini tidak hanya berhenti sampai di situ saja. Sebab, disebutkan piring ini juga bersifat biodegradable, yang menurut dictionary memiliki arti mampu membusuk karena adanya aksi organisme hidup. Sehingga tidak menjadi masalah, apakah piring ini nantinya hendak dimakan atau tidak. Sebab produk ini bisa membusuk sendiri, atau menjadi kompos dalam kurun waktu 30 hari.

Sumber gambar: https://biotrem.pl/en/#products-intro

Sementara itu, Biotrem sendiri disebutkan memproduksi edible plate ini dalam tiga ukuran yakni 20 sentimeter, 24 sentimeter, dan 28 sentimeter dan juga ada yang berbentuk mangkuk bulat dan oval. Selain piring, Biotrem juga diketahui memproduksi peralatan makan lainnya dari dedak gandum, namun karena bahan PLA plastik biodegradable yang digunakan, peralatan makan tersebut tidak dapat dimakan dan tidak dapat digunakan dalam oven ataupun microwave, walaupun masih bersifat 100% biodegradable.

Penasaran ingin coba? Beberapa produsen di Indonesia sudah mulai untuk membuatnya loh, jika sudah ada di Indonesia jangan lupa kalian mencobanya ya foodies. Selain memperhatikan apa yang kita konsumsi jangan lupa juga untuk memperhatikan lingkungan disekitar kita. Yuk coba beralih ke edible cutlery!

 

 

Sumber

https://www.kompasiana.com/poseednachan/59795f35914a3512aa08b412/edible-culery-sendok-ramah-lingkungan-yang-dapat-dimakan

https://lifestyle.okezone.com/read/2018/02/08/298/1856770/terbuat-dari-dedak-gandum-alami-piring-ini-bisa-dimakan-loh