BAHAYA MAKANAN INSTANT DAN CEPAT SAJI BAGI KESEHATAN

Kresnayana Tri Putra

2101692842

Sumber :  https://motivasinews.com/lifestyle/kesehatan/16-makanan-instan-penyebab                               penyakit-kanker/

Haloooo para foodies lovers!! Kalian pasti tau kan apa itu fast food dan instant food?? Pasti kalian juga pernah memakan ini loh. Fast food dan instant food merupakan makanan memberikan kita kemudahan, kenyamanan, keterjangkauan dan rasa yang akan membuat lidah kamu dimanjakan. Apalagi buat yang anak kost yang males ribet,makanan ini merupakan makanan yang sangat sering dikonsumsi oeh semua orang, mulai dari yang disajikan di restauran hingga makanan instant kemasan. Tapi apakah kamu tahu bahwa mengkonsumsi makanan cepat saji terus menerus akan menimbulkan bahaya buat kesehatan. Ingin tahu apa aja bahayanya? Yuk disimak artikel ini

  1. Peningkatan resiko diabetes tipe-2

Loh kenapa makanan cepat saji dapat meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes tipe -2?. Hal ini disebabkan karena banyak makanan cepat saji yang memiliki kalori tinggi tetapi memiliki nutrisi yang rendah. Menurut jurnal circulation tahun 2012, orang orang yang memiliki kegemaran memakan makanan cepat saji memiliki resiko yang lebih tinggi terkena diabetes tipe-2 dan penyakit jantung koroner. Hal ini disebabkan karena memakan terlalu banyak gula dan karbohidrat olahan akan menyebabkan tubuh menghasilkan insulin ekstra sehingga sensivitas tubuh terhadap insulin menurun dan tubuh tidak dapat memproses glukosa dengan benar yang menyebabkan sisa glukosa dalam darah akan memicu peradangan dan diabetes tipe-2 loh teman-teman.

  1. Makanan cepat saji berkontribusi terhadap obesitas

Makanan cepat saji juga merupakan faktor utama mengapa orang-orang jaman sekarang terkena obesitas loh. Obesitas ini dapat meningkatkan resiko terkena penyaki diabetes tipe-2, penyakit jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker. Dan juga dapat menimbulkan tekanan darah tinggi dan kolestrol tinggi.

  1. Lemak trans, garam, dan rendah gizi

Lemak trans sangat berbahaya karena meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan stroke. Lemak trans meningkatkan kadar kolesterol jahat, atau low-density lipoprotein, dan menurunkan kadar kolesterol baik, atau high-density lipoprotein. Bahan lain yang banyak digunakan oleh makanan instan dan cepat saji adalah sodium. Mengonsumsi makanan cepat saji membuat Anda mudah kelebihan sodium, yang seharusnya tidak boleh lebih dari 2.300 miligram perhari. Penggunaan sodium pada makanan instan adalah sesuatu yang umum, sebagai penguat rasa dan menambah rasa gurih. Terlalu banyak garam atau sodium akan berimplikasi terhadap risiko tekanan darah tinggi, stroke dan kesehatan ginjal. Makanan cepat saji dan makanan instan juga cenderung rendah serat, vitamin penting, mineral dan fitonutrien yang akan mudah Anda dapatkan dari sayuran, buah-buahan dan biji-bijian.

 Aduhh foodies serem bangett kan makanan cepat saji, enak cuman membunuh. Tapi tenang aja foodies ada tips nih buat kalian agar mengurangi dampak dari makanan instan dan cepat saji, yaitu selalu melihat informasi dari nutrisi pada label kemasan. Jangan lupa untuk pilih yang rendah kalori, lemak, dan sodium ya foodies!!!! Sampai ketemu di artikel selanjutnya foodiess, stayy hungry!!

Sumber:

https://lifestyle.kompas.com/read/2016/03/22/071500923/Bahayanya.Makanan.nnstan.d

an.Cepat.Saji.bagi.Kesehatan