LEMON BUAH DENGAN BANYAK NUTRISI

Andrew Nathaniel
2101647246

Sumber: https://www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/health-benefits-of-lemon.html

Di Indonesia buah lemon bisa ditemukan di mana saja. Misalnya pada toko buah. Harganya yang relative mahal membuat buah ini tak begitu diminati masyarakat. Harga buah lemon jauh lebih mahal dibanding buah jeruk biasa. Sehingga masyarakat lebih menyukai buah jeruk dibanding buah lemon. Karena rasanya pun hamper sama. Bedanya jeruk biasa bias dimakan langsung karena memiliki kandungan gula, sedangkan lemon akan sangat masam bila dimakan tanpa campuran gula.

Buah lemon sebenarnya sangat bermanfaat untuk tubuh manusia. Di dunia kecantikan buah lemon digunakan sebagai campuran bahan kosmetik. Buah lemon sangat kaya akan vitamin C, magnesium, kalium, dan kalsium. Buah lemon juga memiliki kandungan antioksidan dan fungsinya sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh manusia. Buah lemon sering juga digunakan sebagai bahan perawatan kulit dengan memanfaatkan sari atau perasan air lemon.

Lemon si buah yang memiliki rasa asam menyegarkan ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan .Manfaat lemon untuk kesehatan dapat ditemukan dari berbagai kandungan pada buah yang menyehatkan. Berikut ini beberapa kandungan yang terdapat pada buah lemon yang bermanfaat bagi kesehatan.

  1. Lemon kaya akan serat, nutrisi pelawan lemak yang berfungsi sebagai pengontrol rasa lapar dan melancarkan pencernaan. Dengan demikian lemon juga baik untuk tips mengecilkan perut bagi yang sedang diet.
  1. Kesehatan pencernaan. Cairan dalam lemon terdapat kandungan yang dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Cairan ini membuat hati memproduksi cairan empedu yang merupakan asam yang dibutuhkan oleh pencernaan.
  2. Membersihkan sistem dalam tubuh. Jus lemon membantu mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan tubuh. Lemon dapat meningkatkan tingkat buang air kecil sehingga racun lebih banyak keluar melalui urine serta dapat menjaga saluran kemih menjadi sehat. Asam nitrat pada lemon dapat membantu memaksimalkan fungsi enzim yang merangsang hati dan membantu detoksifikasi.
  3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Lemon kaya akan vitamin C yang sangat baik untuk menangkal berbagai radikal bebas.  Kandungan asam askorbat ( Vit C ) pada lemon berfungsi sebagai anti inflamasi.
  4. Mempercepat proses kesembuhan. Kandungan asam askorbat ( vit C ) membantu mempercepat penyembuhan luka dan untuk kesehatan tulang.
  5. Menyegarkan napas. Selain dapat menyegarkan napas, lemon juga dapat membantu meringankan sakit gigi dan radang gusi. Tetapi perlu diperhatikan, asam sitrat dapat merusak lapisan email gigi.

Selain untuk kesehatan buah lemon sangat bermanfaat untuk kecantikan karena mengandung vitamin yang sangat banyak dan juga tinggi .Beberapa manfaat buah lemon untuk kecantikan, dan tips dalam penggunannya antara lain :

  • Menghilangkan bekas Jerawat

Lemon juga dapat memudarkan bekas jerawat. Usapkan langsung sebuah lemon pada muka Anda dan biarkan selama 10 menit. Rutin melakukan perawatan ini sampai bekas jerawat pada muka Anda hilang.

  • Menghilangkan Komedo

Anda dapat menghilangkan komedo dengan mengusapkan langsung buah lemon segar pada daerah kulit yang berkomedo. Lakukan dua kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

  • Mencerahkan kulit

Lemon mengandung bahan-bahan yang dapat membantu mencerahkan kulit. Campurkan air lemon dengan air, lalu aplikasikan pada kulit Anda. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas bersih. Lakukan ini setiap hari. Anda juga dapat mencampurkan larutan ini dengan madu untuk membantu memulihkan iritasi kulit.

  • Mencerahkan warna kulit siku

Usapkan kupasan kulit lemon pada siku Anda. Perawatan ini dapat membantu mencerahkan warna kulit siku Anda.

  • Merawat kuku

Lemon juga mengandung protein dan keratin yang dapat membuat kuku Anda sehat dan kuat. Peras lemon dalam mangkuk, lalu celupkan jari-jari Anda ke dalamnya. Diamkan selama 15 menit dan biarkan airnya meresap ke dalam kulit kuku Anda.

  • Flek Hitam dan Pigmentasi

Aplikasikan air buah lemon kepada daerah yang terkena flek hitam atau bintik-bintik pada wajah Anda. Air lemon mengandung bahan-bahan yang dapat membantu memutihkan serta membuat wajah lebih bersih. Air tersebut akan membantu pengelupasan kulit Anda sehingga dapat mengurangi pigmentasi.