MANFAAT DAN KHASIAT BUAH MERAH

Anggiasyifa Utrechtsa
2101643701

Sumber Gambar : http://www.infoagribisnis.com/

 Buah merah berasal dari tanah Papua. Masyarakat Wamena Papua menyebutnya sebagai buah kansu dan memiliki nama latin yaitu Pandanus Conoideus. Bentuk dari buah merah ini mirip seperti jagung namun buah ini berwarna merah marun dan berukuran besar memiliki panjang hingga 55 cm.

Tanaman buah merah biasanya tumbuh di dataran tinggi dengan ketinggian 2.300 dpl. Seperti Ayamaru Sorong, Timika, Nabire, Manokwari dan Jayapura. Buah Merah dapat dikonsumsi dengan cara dimakan langsung, dipotong-potong lalu direbus dan dipanggang.

Daging dan biji dari buah merah itu sendiri dapat ditumbuk, lalu dicampur dengan air dan disaring untuk menghasilkan saus merah kental yang dapat digunakan sebagai bumbu masakan. Selain itu, minyak ekstrak buah merah juga dapat digunakan sebagai penyedap makanan dan pewarna alami.

Buah merah memiliki beberapa kandungan nutrisi diantaranya seperti pritein, energy, karbohidrat, lipid, natrium, alfa-karoten, beta-karoten, vitamin c, beta-cryptoxanthin dan alfa-tokoferol. Dari beberapa nutrisi yang terkandung pada buah merah maka buah merah memiliki beberapa khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Pertama, buah merah digunakan sebagai obat untuk cacingan. Kedua, digunakan sebagai suplemen untuk kesehatan kulit dan mata. Ketiga, digunakan sebagai antioksidan beta-karoten. Beta-karoten merupakan salah satu jenis antioksidan yang dapat menghambat oksidasi zat lain dan dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Beta-karoten juga dapat mengurangi kepekaan terhadap matahari pada penderita kelainan darah, mengurangi risiko kanker payudara, mengurangi serangan asma, mencegah komplkasi penyakit paru terhadap bronkitis, mencegah risiko kanker ovarium dan dapat meningkatkan kekuatan fisik dan otot pada manula.

Keempat, buah merah dapat dikonsumsi pada penderita kanker. Buah merah memiliki aktivitas antikanker. Manfaat buah merah itu sendiri dapat melawan sel kanker myeloma, kanker payudara, kanker serviks dan kanker paru-paru.

Kelima, buah merah dapat dikonsumsi pada penderita kolestrol tinggi karena ekstrak buah merah dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Dan yang keenam, buah merah dapat dikonsumsi pada penderita diabetes karena minyak buah merah dapat mengurangi kadar gula pada darah.

Daftar Pustaka :

As’adi. 2011. Sarang Semut dan Buah Merah Pembasmi Penyakit Ganas.

            Jogjakarta : Laksana.

Budi I.M., Fendy R.P., 2005. Buah Merah. Jakarta : Penebar Swadaya.