PISANG SEBAGAI OBAT LUKA BAKAR

PISANG SEBAGAI OBAT LUKA BAKAR

Sarah Avilia Gautama
2101634395

Sumber Gambar:  makassar.tribunnews.com/2017/04/08/makan-2-pisang-sehari-rasakan-7-manfaat-ini-nomor-5-penting-banget

 

Kita semua tentunya sudah sangat familiar dengan buah pisang. Baik orang tua ataupun muda, banyak yang menyukai pisang. Selain rasanya yang enak, buah ini juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral penting bagi tubuh seperti vitamin B kompleks, vitamin C, kalium, magnesium, fosfor, zat besi, dan kalsium. Sehingga sangat baik bagi kesehatan apabila kita mengkonsumsi buah pisang secara rutin.

Selain buahnya, bagian lain dari tumbuhan pisang juga bisa dimanfaatkan seperti jantung pisang yang bisa dijadikan masakan, daun pisang juga sering dijadikan pengemas makanan tradisional. Tapi, pernahkah kamu mendengar manfaat dari kulit pisang? Kulit pisang sangat bermanfaat seperti buahnya. Kulit pisang mengandung antijamur, antibiotik, dan sifat enzimatik yang dapat dimanfaatkan dengan baik.

Umumnya, kebanyakan orang memakan buah pisang saja dan kulitnya akan dibuang begitu saja. Namun siapa sangka ternyata buah pisang memiliki khasiat yang jarang diketahui orang-orang, yaitu dapat menyembuhkan luka bakar. Kedengarannya memang aneh, namun kulit pisang efektif untuk menyembuhkan luka bakar.

Lalu, bagaimana caranya menghilangkan luka bakar menggunakan kulit pisang? Caranya cukup mudah, kamu bisa melakukannya di rumah. Cukup dengan menggosokan kulit pisang ke luka bakarnya sampai kulit pisang tersebut berubah warna supaya nutrisi kandungan kulit pisangnya menyerap ke dalam. Selain itu juga kulit pisang dapat di ikat semalam di atas lukanya.

Pisang banyak dijual di sekitar kita, sehingga tidaklah sulit untuk mendapatkannya dan mencobanya di rumah. Selamat mencoba!

Daftar Pustaka

https://www.obatherbalterlaris.com/2017/02/10/benarkah-kulit-pisang-bermanfaat-untuk-luka-bekas-knalpot/

http://www.ahlinyaobatherbal.web.id/tag/manfaat-buah-pisang-untuk-luka-bakar/