MANFAAT KULIT PISANG

Annisa Devi Aulianda
1901519723

Sumber: pinterest.com

Semua orang pun sudah mengenal gambar buah yang ada di atas. Ya itu adalah buah Pisang, buah pisang umumnya dapat dinikmati dalam keadaan segar ataupun olahan, bagian dari tanaman pisang hampir semuanya dapat dimanfaatkan seperti buahnya, daun, batang, bunga, dan juga kulit pisang. Namun, apakah kalian sudah mengetahui tentang kulit pisang?  Apakah kulit pisang tidak bahaya? Apakah kulit pisang bisa di olah?

Sumber: Pinterest.com

Sebagian besar orang tidak mengetahui apa maanfaat dari kulit pisang tersebut, biasanya setelah makan buah pisang lalu kulit pisang langsung di buang begitu saja. Namun, pisang tak hanya memiliki manfaat pada dagingnya saja dan ternyata kulit pisang ada manfaat yang tersembunyi. Kulit pisang memiliki senyawa antibiotic dan mengandung karbohidrat, lemak, protein, kalsium, fosfor, Vitamin C, air, zat besi, juga Vitamin B.

Manfaat lainnya yang terkandung dalam kulit pisang yaitu dapat memutihkan gigi, Saponin yang terkandung dalam kulit pisang kepok kuning merupakan senyawa bioaktif yang dapat mengikat kromogen sehingga dapat memutihkan gigi. Selain itu, kadar kalium dan mangan yang tinggi pada kulit pisang juga merupakan mineral yang dapat memutihkan gigi. Selanjutnya dapat mengobati jerawat, Caranya hanya dengan menggosokan kulit pisang bagian dalam ke kulit wajah secara perlahan. Untuk hasil yang lebih optimal, Anda bisa mengoleskan kulit pisang pada wajah di malam hari. Disarankan untuk menggunakan kulit pisang yang masih bewarna kuning. Gosok – gosokkan pada wajah hingga kulit pisang menghitam, setelah itu ambil kulit pisang yang baru lagi dan gosok lagi selama 10 menit kemudian didiamkan. Lalu di bersihkan menggunakan air bersih. Manfaat dari melakukan terapi alami ini untuk membuat noda jerawat yang kemerahan akan terlihat memudar dan tidak muncul kembali. Selanjutnya dapat mengobati luka, penggunaanya hanya menggosok ke bagian tubuh yang terluka secara perlahan. Dan juga kulit pisang dapat di olah seperti pembuatan tepung kulit pisang, keripik kulit pisang, dan juga selai kulit pisang.

 

Sumber: http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/30697/Chapter%20II.pdf;jsessionid=875CBC2018F67291F1DD98E57295A14D?sequence=4

Kim. 2013. Kulit Pisang. Lumajang: Sinar Harapan