Kumbar Visual 2023: Serunya Berbagi Cerita Dengan Komunitas Desain Komunikasi Visual Seluruh Indonesia!

Pada tanggal 28 Oktober 2023 silam, Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual Universitas Bina Nusantara (HIMDKV) menyelenggarakan acara daring bernama Kumpul Bareng Visual (Kumbar Visual) dengan tujuan untuk menjaga hubungan baik dan keakraban antar mahasiswa DKV baik dari universitas BINUS maupun Universitas lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kumbar Visual sendiri dihadiri oleh delegasi dari berbagai kampus seluruh Indonesia, seperti ITS (Himpunan Mahasiswa RUPA DKV ITS), Universitas Ma Chung (HMPDKV), Kalbis Institute (HMJ DKV Kalbis Institute), UK Petra (HIMAVISTRA), Polinema (UKM Seni Theatrisic), Universitas Gunadarma (Comma Design), Universitas Trilogi (HIMA Indie Universitas Trilogi), Universitas Surabaya (BEM Fakultas Industri Kreatif UBAYA), Universitas Negeri Malang (Sedesa/Posko Visual), dan Institut Asia (MAHESA).

Kumbar Visual diadakan untuk menjembatani para mahasiswa DKV agar dapat bersatu dan berinteraksi secara lintas kampus dan daerah sehingga menghilangkan batasan dinding yang menghambat adanya interaksi antar himpunan. Dengan mendatangkan berbagai Himpunan DKV dari seluruh Indonesia, Kumbar Visual mewadahi titik mulai kerjasama serta komunikasi antar himpunan DKV.

Selama acara ini berlangsung, Kumbar Visual menjadi sebuah media untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang kegiatan apa saja yang dilakukan mahasiswa DKV dari universitas lainnya. Kumbar Visual sendiri memberikan pengalaman tak terlupakan dari kegiatan yang dilakukan baik dari sesi sharing bersama, sesi games, dan sesi lombanya.

Hal ini membuat peserta yang mengikuti acara ini mempunyai gambaran baru terhadap dunia DKV dan mempunyai relasi baru dengan teman-teman dari komunitas DKV. Memberikan perspektif baru mengenai bagaimana dunia virtual dapat menjadi tempat untuk memperkuat hubungan sosial dan memperdalam rasa kebersamaan, tidak hanya meningkatkan pemahaman mereka dalam bidang desain, tetapi juga menunjukkan bahwa semangat komunitas mampu membantu mereka berkembang dan menjadi individu yang lebih baik lagi.