WELCOMING PARTY HIMDKV: ART CAMP 2023

Tak kenal maka tak sayang, adalah garis besar dari tujuan diadakannya Art Camp 2023. Suatu acara “Welcoming Party” bagi calon aktivis Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (HIMDKV) yang diadakan setiap pergantian tahun kepengurusan. Pada tahun ini, Art Camp 2023 mempersembahkan tema “Under The Cover”, sebagai senggolan untuk mahasiswa/i Desain Komunikasi Visual yang sering dibilang kurang tidur. “Under The Cover”, mengajak para partisipan untuk mengenakan pakaian tidur ternyaman mereka dan membawa perlengkapan-perlengkapan tidur bersama lainnya, seperti boneka, selimut, eye mask, dan lain-lain. Namun, itu hanyalah tahap awal dari tema kedua yang selama persiapan acara telah disamarkan dari para peserta. Karena pada tahun ini, Art Camp 2023 memiliki tema ganda yang memiliki elemen kejutan bagi para peserta.

Pada tanggal 21 Oktober, HIMDKV region Bandung, Malang, dan Semarang mengadakan acaranya serentak bersamaan. Pembawa acara membuka panggung dengan menyambut hangat para peserta calon aktivis yang telah hadir. Setelah rangkaian pembukaan terlaksanakan, MC-pun mengundang beberapa anggota pengurus HIMDKV di tahun sebelumnya untuk menyampaikan ringkasan materi pengenalan lebih dalam soal HIMDKV, kegiatannya, kinerjanya, dan juga apa yang dapat diharapkan dalam setahun yang mendatang. Setelah itu, MC kembali ke atas panggung untuk mengundang narasumber yang merupakan alumni HIMDKV dari masing-masing region. Narasumber lalu membagikan pengalamannya selama beranggota di HIMDKV pada tahunnya dan juga apa saja yang didapatkan selama pengalamannya. 

Tak kalah seru, pada tanggal 23 Oktober, HIMDKV region Jakarta pun juga melaksanakan acara Art Camp 2023. Setelah para peserta sudah terkumpul di Auditorium BINUS@ Alam Sutera, MC membuka acara dan menyambut para hadirin. Setelah itu, peserta yang telah hadir dijamu dengan kata sambutan yang hangat nan jenaka dari duo dekan-dosen Fakultas School of Design, Bapak Danendro Adi, S.Sn., M.Arts dan Bapak Arif Priyono Susilo Ahmad, S.Sn., M.Sn. Lalu, setelah beberapa sesi ice breaking, MC menyambut Dominic Bianca dan Agung Kristiadi selaku perwakilan pengurus HIMDKV 2022-2023, yang akan menyampaikan presentasi mengenai HIMDKV. Setelah itu Art Camp 2023 menghadirkan alumni HIMDKV dan alumni BINUS University, Desain Komunikasi Visual, Kak Wildan Ilham, B.A., beliau menyampaikan pengalaman serta manfaat yang didapatkan selama beranggota dan berkuliah di HIMDKV BINUS University. Setelah seluruh rangkaian alumni sharing selesai, acara sampai pada titik transisi kepada fase kedua di mana para peserta dikejutkan oleh terjadinya suatu “pembunuhan” di area kampus. Para peserta diarahkan untuk mobilisasi ke area mezzanine kampus pada lantai dasar. Kedatangan peserta ditemukan dengan suatu TKP kejadian “pembunuhan” tersebut. Setelah beberapa kata dari MC dan pemeran TKP, peserta diarahkan ke pos masing-masing yang sudah ditentukan untuk melaksanakan rangkaian games untuk memecahkan misteri “pembunuhan” yang telah terjadi.

Sesudah rangkaian permainan berakhir para beserta kembali berkumpul bersama panitia di tengah mezzanine untuk penutupan acara. Dipimpin oleh ketua acara Art Camp 2023, Dhika Ananta, panitia serta mentor yang sudah mendampingi seluruh peserta selama jalannya acara mengucapkan terima kasih dan pelukan selamat datang yang hangat kepada calon penerus Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual.

Bukan hanya suatu organisasi, HIMDKV merupakan suatu wadah eksplorasi di mana ikatan solidaritas terbentuk dari kesan suatu pengalaman yang penuh perjuangan. Tidak hanya membantu dan memberi, namun sesama anggota memiliki kegigihan untuk saling mendorong satu sama lain kepada derajat yang lebih tinggi. HIMDKV bukan hanya suatu organisasi, namun suatu kekeluargaan yang didasari oleh satu perjuangan yang serupa. Semangat untuk semua penerus HIMDKV. Teruskan landasan yang telah kami pahat, kembangkan bunga kreatif yang telah kami tanam, dan lancangkan gemuruh sorakan kami. DKV? OI! DKV DKV DKV? OI OI OI!

M Dhika Ananta P