MENGENAL BUSANA KHAS ASAL BALIKPAPAN, BAJU TAKWO

Balikpapan merupakan kota yang dipenuhi oleh keanekaragaman budaya dan juga warga-warga yang datang dari berbagai suku dan bangsa. Salah satu budaya khas balikpapan yang menarik adalah baju adat mereka yakni, Baju Takwo. Baju Takwo ini sering digunakan oleh masyarakat Kutai untuk acara pernikahan, dan menariknya dulu baju adat Balikpapan ini hanya digunakan oleh para bangsawan atau penari dalam acara adat.

Source :

https://www.suarakaltim.com/suara-kaltim/baju-adat-takwo-khas-balikpapan-lebih-kreatif-dari-samarinda/, https://gulungjenebora.com/ini-dia-makna-dari-pakaian-adat-takwo/

Baju Takwo terbagi menjadi 3 jenis, yakni Takwo Biasa yang merupakan baju khas suku Kutai untuk perempuan, lalu ada Takwo Sebelah atau umumnya dikenal dengan Takwo Setempik yang merupakan baju adat suku Kutai untuk pria. Dan yang terakhir ada Takwo Kustim, yakni baju yang merupakan simbol untuk pasangan kasih yang ber keterununan bangsawan. Umumnya, Baju Takwo Kustim ini digunakan oleh laki-laki dalam hari penobatan raja hingga perkawinan putri raja.

Khusus untuk Baju Takwo Kustim, kain yang digunakan dalam Baju Takwo ini merupakan kain beludru warna hitam yang dilapisi oleh ukiran seperti bordir berwarna emas yang menambah kemewahan dalam pakaian tersebut. Ukiran yang terdapat dalam kain tersebut disebut dengan buluh yang berarti ukiran emas seperti bulu pada sayap burung yang diukir di tengah jelapah. Kancingnya pun juga berwarna emas. Bagian bawah dalam pakaian laki-laki, mereka mengenakan motif batik Jawa karena mereka merupakan pendatang pertama yang sangat berpengaruh dalam masanya. Aksesoris- aksesoris yang terdapat dalam baju adat ini berupa jubah atau pin bagi seorang yang merupakan keturunan kerajaan langsung maupun keluarga bangsawan.

Fakta menarik dari Baju Takwo ini adalah pada perayaan HUT Balikpapan ke 121, Baju Takwo menampilkan busana khas ini yang akhirnya resmi menjadi baju khas Balikpapan. Pakaian ini akan digunakan dalam acara- acara resmi. Ketika Baju Takwo ini tampil di hari spesial tersebut, Ketua Umum Tim Penggerak PKK Kota Balikpapan, Arita Rizal Effendi mengutarakan dibuatnya Takwo ini memang merupakan adopsi dari baju adat Kutai yang mengingatkan bahwa Kutai merupakan bagian penting dari sejarah Balikpapan.

REFERENCES

https://gulungjenebora.com/ini-dia-makna-dari-pakaian-adat-takwo/

https://kapefm.com/takwo-bubuhan-balikpapan-diresmikan/

https://kaltim.tribunnews.com/2019/04/01/ini-tampilan-baju-takwo-yang-jadi-pakaian-khas-kota-balikpapan