Burung Cendrawasih sebagai maskot PON XX 2021

Pekan Olahraga Nasional adalah pesta olahraga nasional di Indonesia yang diselenggarakan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia, diadakan setiap empat tahun sekali dan diikuti seluruh provinsi di Indonesia. PON XX 2021 diselenggarakan di Papua pada tanggal 2-5 Oktober 2021 dan berlokasi di Stadion Lukas Enembe sebagai lokasi utama baik untuk upacara pembukaan maupun penutupan.

Gambar 1. Maskot PON XX 2021 Papua (https://koreri.com/2019/12/17/api-pon-xx-diambil-dari-bintuni-papua-barat/)

Mengingat Papua sebagai tuan rumah, maskot yang digunakan pun adalah satwa-satwa yang berasal dari Papua, salah satunya adalah Burung Cendrawasih. Burung cendrawasih sendiri sebenarnya mempunyai beberapa jenis dengan karakteristik badan dan bulu yang berbeda. Papua sendiri menggunakan Burung Cendrawasih Kuning atau biasa disebut sebagai The Lesser Bird of Paradise/ Paradisea Minor.

Gambar 2. Burung Cendrawasih Kuning yang sedang bertengger di pohon (https://travelpapua.com/the-dancer-in-the-jungle/)

Burung ini mempunyai banyak filosofi dan cerita. Seperti namanya; Bird of Paradise, atau burung surga, burung ini dikatakan demikian karena bulu pada burung jantan terutama pada bagian ekor yang sangat indah, seperti bidadari yang turun dari surga. Burung ini pun mempunyai kebiasaan yang selalu bertengger di bagian pohon paling atas dan tidak pernah turun menjejaki tanah, sehingga ini menjadi benang merah yang makin erat dengan namanya, seperti surga yang dikonotasikan berada di atas. Hal ini juga yang menginspirasi adanya cerita rakyat Papua;

Keunikan lainnya lagi, Bird of Paradise termasuk The Lesser Bird of Paradise sangat totalitas dalam menarik pasangan, hal ini juga yang menjadi ciri khas dari burung ini yaitu mereka mempunyai tarian yang sangat unik dan cantik dalam menarik pasangan, bergabung dengan kicauan yang diberikan, burung ini pun menjadi lebih indah dan menarik mata.

Sayangnya, hal ini juga yang menjadikan Burung Cendrawasih Kuning banyak diburu dan hampir punah, bulunya digunakan untuk topi serta diperjual belikan.