Mengenal Gaya Desain Bohemian

Oleh:

Fellicia Angeline Gunawan ( 2540119242 )

Bohemian style (boho) adalah salah satu gaya desain interior yang memadukan unsur etnik, vintage, dan hippie. Tidak hanya digunakan sebagai konsep arsitektur maupun interior, istilah bohemian itu sendiri juga digunakan pada dunia fashion. Pada mulanya, istilah Bohemian digunakan untuk menggambarkan orang yang hidup bebas mengembara pada pertengahan tahun 1800-an. Lalu, konsep bohemian semakin berkembang dan sering dikaitkan dengan orang yang kabur atau melarikan diri dari aturan kaku yang terdapat di Bohemia Eropa Tengah (istilah gipsi). Oleh karena itu, Bohemian (boho) dikenal orang-orang sebagai gaya yang menekankan jiwa yang bebas, santai, dan menonjolkan kesan nyentriknya yang semakin diminati oleh masyarakat. Kaum pengembara ini identik dengan konsep yang terkesan “ramai” dan unik, yang akhirnya diadaptasi ke tatanan ruang rumah gaya boho. Oleh sebab itu, umumnya gaya bohemian ini sedikit berbeda dan berbelok dari aturan desain interior konvensional, karena mencampur-campurkan berbagai warna, tekstur, dan pola menjadi suatu desain dalam satu ruangan. Dengan kata lain, bisa dibilang bahwa gaya bohemian sangat bertolak belakang dengan gaya minimalis yang mengusung prinsip kesederhaan. Penggunaan gaya desain ini semakin berkebang dengan adanya penggunaan beragam dekorasi etnik dan vintage dari era 50-an hingga 70-an.

Berikut ini karakteristik desain rumah boho :

  • Warna

Salah satu ciri gaya boho adalah dengan menggunakan warna-warna terang atau cerah. Secara umum, warna-warna yang digunakan dalam gaya boho adalah warna earth tones yang hangat, seperti warna coklat, hijau, dan abu-abu. Kemudian, warna-warna tersebut dikombinasikan dengan warna yang mencolok seperti warna ungu, biru elektrik, ataupun orange. Dengan perpaduan warna inilah yang membuat gaya boho dianggap memiliki keunikannya tersendiri. 

Biasanya, warna putih atau cerah menjadi dasar latar untuk berbagai pernak-pernik interior dengan motif yang ramai dan ceria. Contohnya, warna pink, merah, turquoise termasuk kategori warna playful dan cocok untuk gaya boho, yang bisa digunakan untuk bagian dinding diperpadukan dengan pernak-pernik interior berwarna terang.

  • Material

Gaya Boho sangat bertolak belakang dengan gaya minimalis yang mengusung konsep ruang yang simple dan sederhana, dimana boho berfokus pada penggabungan berbagai tekstur dan pola membentuk suatu ruang yang unik dan terlihat mewah. Jika menginginkan kesan yang terlihat lebih vintage, disarankan menggunakan material yang terlihat kuno atau bekas dan jangan menggunakan material yang terlihat rusak, karena akan mengurangi nilai estetisnya. Kita juga bisa menambahkan detail material yang empuk dan halus supaya ruangan terkesan semakin nyaman, dengan menggunakan bantal, tirai, karpet rumbai-rumbai pada sisinya, rajutan, ataupun macrame.

  • Furnitur

Salah satu ciri khas dari gaya boho adalah visual ruangan yang terlihat kuno atau vintage. Oleh karena itu, dalam mendesain rumah bergaya boho, kita bisa menggunakan berbagai furniture yang terlihat vintage ataupun antik, dan menggunakan warna-warna kalem yang terlihat memudar. Tujuannya adalah untuk memberikan kesan hangat dpada penghuni rumah dengan adanya furniture yang empuk dan nyaman. Hindari memilih furniture dengan desain yang ‘keras’ karena bisa terlihat kaku.

  • Menambahkan tanaman indoor 

Gaya boho identik dengan unsur alamnya sebagai dekorasi ruangan. Biasanya, kita temui melalui penggunaan tanaman hias yang ditempatkan dalam pot-pot yang diletakkan di dalam ruangan. Biasanya, pilihan tanaman yang digunakan seperti tanaman pakis, pothos, sukulen, monstera, calathea, dan sebagainya.

  • Pencahayaan dan Dekorasi

Faktor pencahayaan rumah bergaya boho juga penting dalam interior. Pencahayaan dengan warna warm white sangat disarankan untuk menciptakan suasana rumah yang nyaman. Kemudian, untuk memberi kesan segar dan menambah warna, kitab isa meletakkan tanaman hias di spot-spot tertentu dalam tiap ruangan, menggunakan benda-benda vintage atau kuno sebagai elemen dekorasi, benda kerajinan tangan, dan sebagainya.

 

https://eticon.co.id/rumah-gaya-bohemian/#:~:text=Bohemian%20style%20adalah%20salah%20satu,sering%20dikaitkan%20dengan%20istilah%20gipsi.
https://www.momsmoney.id/news/bosan-dengan-gaya-minimalis-yuk-coba-bohemian-style-untuk-interior-rumah
https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/16/183000076/7-jenis-tanaman-hias-untuk-rumah-bergaya-bohemian?page=allinterior-rumah