Kearifan Lokal, Kekayaan Indonesia bagi Jiwa yang Kreatif

Lautan Inspirasi

Warga Indonesia sudah sepatutnya bangga akan kekayaan budaya yang dimiliki tanah airnya. Setiap wilayah di Indonesia memiliki budaya, ras, suku, dan adat istiadat yang berbeda-beda. Keberagaman itu menciptakan identitas bangsa dan makna tersendiri. Sebagai orang yang punya pemikiran kreatif, kita seharusnya dapat memaknai hal-hal tersebut dan melihat peluang untuk menjadikannya sumber inspirasi yang dapat menghasilkan karya. Hasil karya tersebut dapat mengandung esensi yang sama dengan nilai-nilai budaya yang kita ingin tekankan. Jika melihat kebudayaan sebagai sumber inspirasi, maka kita akan menemukan segudang cerita yang dapat kita tuangkan ke dalam ide-ide baru dalam berkarya.

 

Identitas dalam Sebuah Karya

Pemikiran yang menerapkan kearifan lokal pada karyanya seringkali diterapkan pada industri desain. Sebagai contohnya, desain interior. Dalam dunia interior terdapat banyak tren baru yang dapat berpotensi melupakan gaya-gaya tradisional Indonesia. Padahal gaya tersebut sangat melekat dengan nilai budaya Indonesia. Dengan menerapkan kearifan lokal, gaya tradisional dapat tetap terjaga seiring tren lain yang terus bermunculan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memadukan atau mengembangkan desain sehingga tetap menghidupkan budaya lokal. Tentunya hal ini dapat menonjolkan identitas pada hasil akhir desain tersebut.

Hotel Tijili, salah satu bentuk karya interior yang berkonsep pada identitas budaya yang kuat. Bila ditelaah lebih lanjut, hotel minimalis ini mengacu pada konsep Dewi Sri atau dewi padi yang melambangkan kemakmuran dan kesuburan dalam kepercayaan orang Hindu Bali. Tidak hanya pada interiornya, logo dari hotel ini juga dibuat dari stilasi bentuk motif tijili atau biasa disebut ‘Boneka Bali’. Desain bentuk ini telah ditransformasi menjadi bentuk yang lebih modern dengan juga memadukannya dengan pola kain poleng Bali. Konsep ini membuat Hotel Tijili lebih beridentitas, sehingga tidak akan mudah dilupakan pengunjungnya.

 

 

 

 

 

 

Logo Hotel Tiliji                                                                                  Konsep Dewi Sri

Pengaplikasian Motif Tiliji Pada Balkon Hotel

 

Perwujudan Warisan Bangsa

Melestarikan budaya Indonesia bukan sepenuhnya menutup diri dari budaya dan kemajuan lain yang ada, tetapi tetap berpikiran terbuka sembari menjaga warisan bangsa. Sebagai pemikir kreatif, seharusnya kita tahu bagaimana cara mewujudkan warisan budaya ke dalam ide-ide kita. Kearifan lokal dapat menggambarkan nilai dan pandangan hidup yang kita anut seiring dengan mengekspresikan perspektif masyarakat terhadap dunia luar. Hal tersebut dapat kita jaga sebagai upaya pelestarian budaya yang merupakan warisan untuk warga negara Indonesia. 

 

Melestarikan Budaya 

Seperti yang kita ketahui bahwa negara Indonesia sangat kaya akan budaya, dari Sabang hingga Merauke memiliki kebudayaan yang berbeda dan sangat unik. Sebagai masyarakat Indonesia kita harus selalu berupaya untuk melestarikan budaya lokal yang kita miliki. Terdapat banyak cara untuk melestarikan budaya lokal, salah satunya di bidang design interior, dengan memberi sentuhan-sentuhan budaya pada design sebuah bangunan seperti hotel, restaurant, cafe dan lain-lain. Kebudayaan harus tetap dijaga karena budaya memegang peranan penting dalam memajukan suatu bangsa. Kebudayaan harus tetap dijaga karena budaya memegang peranan penting dalam memajukan suatu bangsa.