Kegiatan P2M

Kegiatan P2M (Program Pengabdian Masyarakat) adalah salah satu kegiatan wajib dari BINUS. Kegiatan ini dilaksanakan oleh rekan-rekan dosen dari fakultas School of Design (SOD) dan juga dibantu beberapa mahasiswa/i dari beberapa jurusan seperti DKV, Desain Interior, Hubungan Internasional dan Marketing Komunikasi. Lokasi kegiatan di RPTRA MAYA ASRI 13 yang letaknya di samping jalan besar Kemanggisan Raya, Jakarta Barat. Pelaksanaan kegiatan dimulai dari jam 9 pagi hingga jam 11 siang di aula lantai 2 RPTRA. Target peserta adalah anak-anak yang sudah duduk di bangku sekolah dasar maupun yang masih belum sekolah. Beberapa anak terlihat masih lengkap dengan memakai seragam sekolah datang untuk mengikuti kegiatan yang dilaksanakan dengan sangat antusias.

Kegiatan dimulai dengan perkenalan singkat dari panitia lalu disambung juga dengan beberapa kegiatan ice breaking. Setelah anak-anak sudah mulai semangat untuk mengikuti acara, panitia memberikan sebuah tote bag polos, spidol/pensil dan beberapa lembar print contoh motif untuk digambar di tote bag. Anak-anak pun langsung bersemangat untuk menggambar tote bag dengan motif kesukaan masing-masing. Dengan dibantu kakak-kakak mahasiswa, anak-anak belajar untuk menggambar dengan baik diatas tote bag. Setelah semua selesai menggambar tote bag masing-masing, anak-anak dikumpulkan untuk diadakan sesi foto bersama sebelum menutup perjumpaan.

Dalam kegiatan ini anak-anak diajarkan agar tidak menjiplak motif yang telah diprint dan diberikan kepada mereka karena dengan mereka bekerja secara manual bukan menjiplak, akan membuat anak-anak mengasah kemampuan menggambar masing-masing. Tentu lebih baik dibandingkan hanya dengan menjiplak. Poin berikutnya adalah mengajarkan teman-teman mahasiswa yang berpartisipasi untuk tetap peduli terhadap sesama walaupun adanya perbedaan status dan peranan sosial.