TWC 2021 – Corybantic: Let’s Get Wild!

TWC atau Together We Can adalah program kerja milik Himpunan Mahasiswa Desain Interior (HIMDI) BINUS University yang dilaksanakan 3 kali dalam satu tahun. Dalam program kerja TWC yang kami laksanakan pada hari Senin, 28 Juni 2021, kami mengangkat ‘Find Your Own Style’ sebagai tema untuk TWC kami kali ini. Dengan tema dan tagline “Corybantic: Let’s Get Wild!” kami selaku panitia TWC 2021 mendukung para peserta untuk berkreasi serta bereksperimen dengan ‘liar’ dalam mendesain karya seni mereka melalui sharing, workshop, serta lomba twibbon dan lomba sketsa.

Acara TWC 2021, Corybantic: Let’s Get Wild! Diadakan pada hari Senin, 28 Juni 2021, pukul 13.00 sampai 15.30, melalui Zoom Meeting dikarenakan situasi pandemi yang menghalangi terjadinya kegiatan onsite. Acara dibuka dengan kata sambutan dari ketua HIMDI, yaitu Stevian Khansa dan ketua program kerja TWC, yaitu Joshua Santosa. Tidak hanya itu, kami juga mengawali acara dengan pengenalan mengenai tema TWC tahun ini, begitu juga dengan menyambut adik-adik Binusian 2025 yang mengikuti TWC kali ini. Selanjutnya, kami melanjutkan sesi tersebut dengan sharing materi dengan pembicara dari BINUS University yang sebelumnya telah kami undang, yaitu Ibu Ade A.S. Fajarwati, S.Sn., M.Sn. selaku dosen di jurusan Desain Interior BINUS University. Sesi tersebut kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, serta dengan sesi workshop. Kami mengadakan sesi workshop dimana peserta acara menggambar vas bunga dengan gaya atau selera desainnya sendiri, kemudian, sketsa tersebut dikirim, dan diantaranya akan dipilih sketsa-sketsa yang dinilai unik namun tetap memiliki nilai seni.


Dalam materi yang disampaikan, Ibu Ade menjelaskan bahwa setiap proses desain selain mementingkan sisi estetikanya juga harus menekankan sisi fungsionalnya. Dalam pembuatan sebuah karya harus melewati 3 langkah yaitu,konsep perancangannya yaitu ide dan concept yang diambil untuk pembuatan karya tersebut, Drafting, yaitu gambar kerja yang akan digunakan untuk mengkomunikasikan detail dan bagian bagian dari karya dan yang terakhir adalah finalizing yang dibuat dalam bentuk desain akhir dari karya yang lengkap dengan pewarnaannya.

Untuk menentukan style apa yang kita miliki, Bu Ade menjelaskan bahwa hal tersebut dapat diperoleh dari dua hal yaitu, Passion dan Eksplorasi. Style dan karakter desain yang dimiliki dapat ditentukan melalui minat, bakat dan ketertarikan masing masing desainer, juga dengan terus mengeksplorasi style apa yang disukai.   

Adapun beberapa tips untuk find your own style yaitu seperti perbanyak referensi, perbanyak latihan sketsa untuk memperdalam kemampuan, mempelajari sejarah dibalik desain interior, perbanyak eksplorasi dan analisis based on research, dan yang terakhir adalah brainstorming serta diskusi. 

Pada penghujung acara, kami mengadakan pengumuman untuk para pemenang twibbon mulai dari juara ketiga hingga juara pertama, beserta dengan pemberian hadiah kepada para pemenang. Masing masing pemenang juga diberikan kesempatan untuk menceritakan inspirasi dan cerita unik dibalik twibbon yang telah mereka buat. Setelah itu, acara diakhiri dengan para peserta mengisi exit ticket sebagai data kehadiran mereka dan juga mengisi kesan dan pesan akan acara TWC kali ini, saran untuk acara TWC kedepannya, dan juga beberapa kata penutup dari kedua MC. Untuk pemenang gambar pada sesi workshop yaitu gambar berwarna dan sketchnya diumumkan esok harinya melalui grup line para peserta TWC.