SHARE TO CARE #2 – 2017

Minggu kedua yang lebih seru

Apakah semuanya masih ingat dengan acara Share to Care minggu lalu? untuk mengingatkan, Share to Care adalah kegiatan kolaborasi Antara Himpunan Mahasiswa Desain Interior (HIMDI) dan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (HIMPGSD) sebagai bentuk Pengabdian Pada Masyarakat.

Pada tanggal 7 Mei 2017 kami kembali lagi ke Panti Asuhan Chairunnisa untuk belajar berbagi ilmu dan keterampilan pada anak-anak panti asuhan. Namun pada minggu kedua ini, kegiatan yang dilakukan semakin menarik.

Belajar Teori Warna

Pada minggu kedua, panitia memberi materi tentang Teori Warna dan paduan warnanya. Di awal sesi, kami menjelaskan tentang Teori Warna Brewster dan paduan warnanya (Colour Scheme) sambil membagi-bagikan colour wheel agar anak-anak semakin mudah memahami. Sesi materi ini kemudian diakhiri dengan kegiatan mewarnai kertas bergambar sesuai jenjang masing-masing. SD sampai SMP mewarnai gambar binatang atau bunga, sedangkan SMA mewarnai gambar perspektif kamar tidur.

Bermain dengan konsentrasi

Setelah sesi pemberian materi, panitia mengajak anak-anak panti asuhan untuk bermain Simon Says dan permainan tepuk bergilir dengan angka kelipatan tiga. Anak-anak panti asuhan bermain dengan semangat dan sangat berkonsentrasi sehingga suasana menjadi sangat seru.

Semuanya sudah mahir

Untuk kegiatan membuat prakarya, kami semua melanjutkan prakarya yang sama dari minggu lalu, yaitu bros dari kain perca. Berbeda dengan minggu lalu, anak-anak panti sudah fasih menggunakan alat-alat keperluan prakarya dan cepat menyelesaikan prakarya masing-masing. Hasil prakaryanya pun lebih rapi. Prakarya ini murah dan mudah dibuat, bahkan memiliki nilai jual yang dapat berguna bagi anak-anak panti asuhan kelak.

 

Mengulas kembali

Sama seperti minggu sebelumnya, di akhir acara Share to Care kami membersihkan dan merapikan kembali tempat yang kami pakai lalu duduk bersama untuk mengulas kembali materi dan keterampilan yang didapat hari itu. Sambil mengabarkan bahwa materi dan kegiatan minggu depan akan berbeda dan semakin seru, terlihat kembali wajah-wajah anak panti asuhan yang semangat mendengarnya. Sampai ketemu lagi di acara Share to Care minggu ketiga!

Kavita Komala