Training HIMDI 2: Training Strikes Again

Oleh:

Public Relation Team


Gambar 1. Pembukaan Acara Oleh Bidadari Cahaya Murti dan Cylia Larenggam Selaku MC

Pada Sabtu, 19 Maret 2022 Himpunan Mahasiswa Desain Interior (HIMDI) menyelenggarakan kembali Training HIMDI kedua di tahun ini yang berjudul Training Strikes Again dengan materi yang dibawakan yaitu Team Work. Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 14.00 hingga 16.00 WIB melalui platform Zoom Meetings. Peserta yang mengikuti kegiatan ini meliputi seluruh aktivis dari HIMDI dengan dampingan Divisi HRD yang menjadi panitia acara. Tujuan dari pelaksanaan training ini adalah agar kedepannya anggota HIMDI dapat memahami cara bekerjasama dalam tim dan cara mengatasi masalah-masalah yang sering terjadi dalam kelompok.

Acara ini dimulai dengan pembukaan hangat oleh Bidadari Cahaya Murti dan Cylia Larenggam sebagai Master of Ceremony (MC) kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dengan tema “Team Work Makes The Dream Work” oleh Sharyn selaku pembicara. Dalam sesi ini peserta dibina untuk lebih memahami makna di balik kata Team Work. Sharyn juga memberi contoh perbedaan kerjasama yang baik dalam tim dan kerjasama yang buruk dalam tim serta cara mengimplementasikannya di dalam dunia nyata. Setelah pemaparan materi berakhir, acara ini dilanjutkan dengan sesi sharing mengenai masalah yang kerap terjadi di dalam kerjasama tim. Di dalam sesi ini, peserta diperbolehkan untuk bertanya dan memberi keluh kesahnya terhadap pengalaman mereka selama bekerja sama di dalam kelompok.

Gambar 2. Pemaparan Materi Team Work oleh Sharyn

Acara selanjutnya adalah Talk Show bersama dengan Devany Liora Djunaedi selaku Ketua Umum dan Lovella Kania Yudisthira selaku Ketua Regional Jakarta. Dalam sesi talk show, pembicara malakukan sharing pengalaman mereka selama berada di HIMDI. Sesi ini ditutup dengan ucapan semangat kepada peserta oleh Ketua Umum dan Ketua Regional Jakarta.

Gambar 3. Sesi Talk Show Bersama Ketua Umum dan Ketua Regional Jakarta

Training kedua ini ditutup dengan Game Session yaitu bermain Jeopardy. Game ini dimulai dengan pembagian breakout room dimana di dalam ruangan tersebut kelompok yang sudah terbagi harus berkenalan satu sama lain dan menyusun strategi permainan. Lalu setelah kelompok dengan matang menyusun strategi, para peserta dikembalikan ke main room untuk mulai bermain. Permainan ini memiliki peraturan bahwa perkelompok harus memilih satu kategori dengan beberapa pilihan poin di bawahnya. Setelah perwakilan kelompok memilih poin, mereka akan mendapatkan pertanyaan di dalamnya yang harus mereka jawab dengan tepat. Apabila jawaban yang disebutkan benar, maka kelompok akan mendapatkan poin sesuai dengan yang mereka pilih di awal. Apabila kelompok salah menjawab, maka mereka akan mendapatkan poin minus sesuai dengan jumlah yang mereka pilih di awal. Game ini mengajarkan peserta untuk mengimplementasikan materi yang sudah dipaparkan di sesi sebelumnya ke dalam sebuah kelompok yang baru dibuat.

Gambar 4. Game Session 

Gambar 5. Dokumentasi Peserta Training 2