Arsitektur Jengki: Gaya Arsitektur Modern di Awal Kemerdekaan Indonesia

Oleh: 2502002293 – Shafa Nur Kamilah

Arsitektur Jengki

Arsitektur Jengki adalah salah satu jenis arsitektur yang merupakan gaya arsitektur asli Indonesia. Gaya ini berkembang dari karya arsitek tanah air dan banyak bermunculan pada 1950 hingga 1960-an. Gaya ini ada pada saat arsitek berkebangsaan Belanda meninggalkan Indonesia yang sudah merdeka. Secara umum, gaya Jengki termasuk kedalam arsitektur postmodern.

Merujuk pendapat Prof. Josef Prijotomo, sebagian besar pencetusnya adalah lulusan STM yang pernah menjadi aannemer (ahli bangunan) di perusahaan Belanda. Hal ini ketika arsitek Belanda harus pulang ke kampung halamanya. Dengan adanya gaya Jengki ini berusaha meninggalkan unsur ke-Belandaan dan menegaskan era modern di awal kebangkitan Indonesia. Gaya Jengki pada bangunan yang ditemukan kebanyakan milik dinas, pejabat, dan tentara.

Karakteristik

Ada beberapa ciri dan karakteristik yang membedakan gaya arsitektur Jengki dengan arsitektur Indonesia lainnya, yaitu:

  • Atap

Bagian atapnya berbentuk pelana dan perisai sehingga berbeda dengan rumah tinggal pada umumnya. Dalam kata lain, gaya ini memiliki perbedaan tinggi atap. Di sisi lain, atap ala jengki juga dilengkapi lubang angin yang berfungsi sebagai sistem ventilasi. Sistem ventilasi tersebut membuat interior rumah tetap sejuk meskipun cuaca sedang panas.

Sumber:  www.tariqkhalil.com

  • Dinding

Bangunan dengan gaya jengki pada bagian dindingnya dibuat miring yang membentuk geometri segi lima terhadap tampak bangunan. Dinding miring ini tidak berkaitan langsung terhadap kekuatan, tapi lebih kepada estetika.

Sumber: quora.com

  • Portico

Dalam rumah jengki biasanya terdapat portico. Portico adalah serambi beratap di pintu masuk rumah dan atapnya ditopang oleh sejumlah tiang. Pada masa keemasan arsitektur jengki, beranda rumah memiliki ukuran luas dan serasi dengan teras rumah sehingga aktivitas menerima tamu dapat dilakukan secara leluasa di beranda. Bagian atap beranda rumah juga didominasi bentuk melengkung untuk meminimalkan kesan monoton dari arsitektur Eropa yang kaku.

Sumber: pinterest.com

  • Interior

Interior dari gaya jengki biasanya lebih terbuka. Artinya, tidak ada batasan tertentu antara ruangan satu dengan yang lainnya. Di samping itu, penggunaan material besi dan kayu asli Indonesia juga menggambarkan gaya ini. Material lainnya yang juga sering digunakan untuk melengkapi gaya arsitektur jengki adalah rotan dan karet.

Sumber: Damailand

Furniture Khas Jengki

Arsitektur jengki tidak hanya mempengaruhi elemen eksterior dan interior. Apalagi gaya interior ala jengki juga cukup unik dan menampilkan nuansa Indonesia. Ciri khas dari furnitur jengki adalah bentuk kursi yang miring dan ujung meja dan kursi yang runcing. Selain itu, penggunaan material kayu dan besi asli Indonesia juga menggambarkan furnitur bergaya jengki.

Sumber: helloilmare.com

Sumber: personalspacemb.com

Gerbang Taman Makam Pahlawan Surabaya

Selain rumah, gaya Jengki juga dipakai sebagai gerbang Taman Makam Pahlawan. Gaya jengki pada bangunan ini memainkan lempengnya berupa beton yang dilipat berulang dan kolom penyangga dibuat tidak simetri.

Sumber: AyoRek

 

 

Referensi:

Aditya, F. (1970, January 1). Arsitektur Jengki: Simbol Kebebasan Dan Kemewahan di Indonesia era 1950-an. VICE. Diakses tanggal 18 Agustus 2022 dari: https://www.vice.com/id/article/mbx7mx/arsitektur-jengki-simbol-kebebasan-dan-kemewahan-di-indonesia-era-1950-an?utm_source=viceidtw

Budhiman, I., Ilham Budhiman, Prasetyo, B. A., & Hidayati, N. (2021, March 7). Mengenal Arsitektur Jengki, gaya asli Indonesia Yang Patut Dijaga. 99 Berita Properti. Diakses tanggal 18 Agustus 2022 dari: https://www.99.co/blog/indonesia/mengenal-arsitektur-jengki/

Melisa, Melisa, & Melisaday-dreamer, A. (2020, April 27). Arsitektur Jengki: Gaya Asli Eksterior & Interior Indonesia. Bramble Journal. Diakses tanggal 18 Agustus 2022 dari: https://www.bramblefurniture.com/journal/gaya-arsitektur-jengki-indonesia/

Zulfikar, F. (2019, March 20). Inilah Beberapa fakta Tentang Jengki, Gaya Arsitektur Asli Indonesia. Good News From Indonesia. Diakses tanggal 18 Agustus 2022 dari:https://www.goodnewsfromindonesia.id/2019/03/20/inilah-beberapa-fakta-tentang-jengki-gaya-arsitektur-asli-indonesia