Mengenal Teknologi Panel Surya BIPV dalam Arsitektur Modern

Oleh: 2440114360 Fakhry Fajar Fadhilah

Panel surya BIPV (Building Integrated Photovoltaics) adalah panel surya yang terintegrasi dengan Bangunan atau gedung, secara arsitektural teknologi BIPV ini lahir sebagai jawaban atas kebutuhan dunia Arsitektur maupun dunia Desain agar panel surya ini bisa terlihat bagus secara estetika namun juga memiliki fungsi sebagai suplai energi Mandiri di dalam sebuah bangunan.

Gambar 1. Macam-Macam Bentuk Panel Surya

Selama ini kita melihat panel surya hanya berbentuk kotak dan hanya dapat dipasang di atap bangunan serta pemasangannya yang tidak dapat mengikuti kontur atap secara menyeluruh, oleh karena itu saat ini berbagai perusahaan mencoba untuk terus melakukan inovasi pada teknologi panel surya BIPV.

Gambar 2. Pemasangan Panel Surya pada Genteng Rumah

Gambar 3. Glass Tile

Saat ini perusahaan besar yang berinovasi pada teknologi BIPV ini adalah Tesla (Tesla Roof) yang sudah menciptakan sebuah atap panel surya dengan bentuk arsitektural yang menarik, bentuknya seperti atap pada umumnya sehingga tampilan bangunan terlihat seperti tidak dipasang panel surya pada atap rumahnya.

Gambar 4. Panel Surya

Selain bagian atap bangunan, saat ini juga telah diciptakan solar windor sebagai inovasi panel surya berbentuk transparan sehingga dapat diaplikasikan pada dinding maupun pada jendela bangunan. teknologinya ini terus berkembang dalam sisi efisiensi maupun dalam sisi daya tahan.

Ada empat kendala yang harus dipecahkan oleh teknologi BIPV ini agar teknologinya bisa masuk dan diadopsi oleh banyak pengguna, kendala tersebut berupa :

  1. Harga
  2. Performa
  3. Daya Tahan
  4. Kode dan standarisasi

Keempat tantangan diatas merupakan hal utama dalam inovasi teknologi BIPV terutama soal harga teknologi BIPV yang saat ini diproduksi bukan dalam skala yang besar, dan teknologinya masih cukup baru sehingga harga dan biaya dalam penerapan teknologi BIPV ini masih relatif tinggi.

Tantangan kedua adalah soal performa, karena panel surya BIPV ini di desain dalam sebuah material bangunan, entah itu dalam bentuk genteng ataupun jendela maka material semikonduktor pada panel surya susunannya tidak serapat atau tidak se-fleksibel panel surya pada umumnya, sehingga performa dari listrik yang dihasilkan ini belum bisa mengimbangi panel surya yang umum saat ini.

Selanjutnya, tantangan yang ketiga adalah soal daya tahan, material yang terintegrasi dengan panel surya seperti genteng, apabila genteng biasa yang saat ini mungkin bisa bertahan 30 sampai 50 tahun bahkan sampai 100 tahun, namun dengan teknologi BIPV untuk saat ini hanya memiliki garansi panel surya yang terintegrasi maksimal yaitu 25 tahun, maka tentu perbedaan ini menjadi pertimbangan bagi konsumen.

Kemudian kendala terakhir adalah soal kode dan standarisasi teknologi BIPV ini yang menggabungkan dua industri yang berbeda yaitu “industri listrik tenaga surya” dan juga “industri konstruksi”, saat ini kedua industri ini cukup berbeda karena itu harus ada sebuah standarisasi atau kode standarisasi dari keduanya, agar bangunan yang menggunakan teknologi BIPV ini memiliki sisi keamanan yang tinggi.

 

 

 

Referensi

Indonesia, B. (2020, November 8). Panel Surya BIPV, Sistem Surya yang Terintegrasi Arsitektur Bangunan. Inovasi Dunia Konstruksi Dan Bangunan Terkini. Retrieved June 16, 2022, from https://www.builder.id/panel-surya-bipv/

Tesla Unveils Powerwall 2 & Solar Roof. (2016, October 29). [Video]. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=4sfwDyiPTdU